Capres 2024

Ma'ruf Amin Tak Berminat Berkontestasi Pilpres 2024, Kesempatan yang Lebih Muda

Wapres Ma'ruf Amin menyatakan tak berminat lagi berkontestasi pada pilpres 2024. Mantan ketua MUI ini menyerahkan kepada yang lebih muda.

Editor: M.Risman Noor
KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari
Wapres Ma'ruf Amin saat memberikan keterangan pers di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020). Ma'ruf Amin tak berminat lagi berkontestasi pada pilpres 2024. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Wapres Ma'ruf Amin menyatakan tak berminat lagi berkontestasi pada pilpres 2024. Mantan ketua MUI ini menyerahkan kepada yang lebih muda.

Ma'ruf Amin mengaku dirinya sudah tua.

Pada Maret 2023 sudah menginjak usia 80 tahun.

Ma'ruf mengatakan, pada Pilpres 2024 merupakan giliran tokoh-tokoh yang jauh lebih muda dibandingkan dirinya untuk maju sebagai calon presiden dan wakil presiden.

Baca juga: Keluhkan Kondisi Jembatan Sungai Rangas Sering Ambles, Personel Polsek Labuan Amas Imbau Ini

Baca juga: 84 Lebih Pelanggaran Disidang Satpol PP Banjarmasin, Terbanyak PKL dan Pembuang Sampah

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan tidak berminat untuk kembali berkontestasi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ma'ruf mengatakan, ia sudah cukup tua untuk kembali mengikuti pertarungan politik.

"Saya ini sudah tua, umur saya ini kan sekarang sudah masuk hampir 80 (tahun), bulan Maret itu 80 (tahun) saya. Saya pikir sudah cukup tualah," kata Ma'ruf usai menghadiri Ijtima Ulama Nusantara di Jakarta, Jumat (13/1/2023).

"Kita sudah harus memberikan kesempatan kepada yang lebih muda, saya kira itu," ujar mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia itu.

Kendati demikian, Ma'ruf tidak menyebutkan kriterianya mengenai pemimpin Indonesia masa depan karena, menurut dia, itu merupakan kewenangan partai politik.

Ia hanya mengingatkan agar partai-partai politik menyesuaikan calon yang mereka usung dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Bocah Tersesat di Gambut Akhirnya Dijemput Keluarga, Ternyata Berasal dari Katingan Kalteng

"Saya kira partai itu mestinya sudah pahamlah, mereka kan ingin menang calonnya tentu dia memilih calon yang kira-kira akan memperoleh simpati dari masyarakat. Pasti itu, saya yakin itu," kata Ma'ruf.

Namun demikian, ia melanjutkan, hingga kini memang belum ada calon presiden dan wakil presiden yang definitif untuk Pemilu 2024 karena dinamika politik masih terus berjalan.

"Cuman mereka (partai politik) kan sampai hari ini kan belum ada calon yang fix, yang definitif, masih diayak," ujar Ma'ruf.

Adapun Ma'ruf akan menginjak usianya yang ke-80 tahun pada 11 Maret 2023.

Ma'ruf merupakan wakil presiden tertua yang dilantik dalam sejarah Indonesia karena ia berusia 76 tahun 223 hari ketika dilantik pada 20 Oktober 2019.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved