Pemilu 2024

Sekretariat Gakkumdu Bawaslu HSU Diresmikan, Dilengkapi dengan Ruang Sidang

Bawaslu HSU kini telah memiliki Gedung Sekretariat Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) guna mendukung tugas pengawasan

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman
Bawaslu HSU, kini telah memiliki Gedung Sekretariat Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu), Selasa (24/1/2023). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI-Guna mendukung pelaksanaan tugas dalam hal pengawasan Pemilu, Bawaslu Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), kini telah memiliki Gedung Sekretariat Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu).

Sekretariat Sentra Gakkumdu Bawaslu HSU yang berada di Jln KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Murung Sari, Kecamatan Amuntai Tengah, baru diresmikan, Selasa (24/1/2023) siang.

Peresmian dilakukan langsung, Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Azhar Ridhanie, saat memimpin safari pengawasan ke Bawaslu HSU.

Selain sebagai Sekretariat Sentra Gakkumdu, di dalamnya juga telah dilengkapi dengan ruang sidang beserta sarana prasarana penunjangnya.

Baca juga: Hadiri Rakor Gakkumdu se Kalsel, Kajati Kalsel Ingatkan Kejahatan Digital di Pemilu 2024

Baca juga: Pastikan Kesiapan Menjelang Pemilu 2024, Bawaslu Kalsel Safari Pengawasan ke HSU

Kepala Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu HSU, Khairil, menyampaikan, bangunan yang ditempati ini merupakan dukungan dari pemerintah daerah.

Sedangkan untuk kelengkapan dan fasilitas di dalamnya dibuat dengan menggunakan anggaran Bawaslu HSU.

"Ruangan ini digunakan untuk sekretariat gakkumdu dan juga ruang sidang," katanya.

Dengan telah adanya sekretariat gakkumdu yang juga dilengkapi ruang sidang, maka ini sebagai langkah Bawaslu HSU menyediakan fasilitas mumpuni bagi masyarakat dalam penyelenggaraan, khususnya pengawasan Pemilu.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kalsel, Azhar Ridhanie, menyatakan, keberadaan sekretariat gakkumdu yang juga dilengkapi ruang sidang ini jadi bagian untuk menunjang kinerja pengawasan.

Dirinya pun menilai sekretariat sentra gakkumdu dan ruang sidang Bawaslu HSU ini sudah sangat ideal.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, KPU Kalsel Apresiasi Pemkab Tapin yang Selalu Beri Dukungan

Selanjutnya, nanti pihaknya juga akan melakukan supervisi pembinaan khusus gakkumdu untuk memastikan prasarana dan sarananya terkait dengan kesiapan untuk tangani tindak pidana pemilu.

Termasuk juga untuk menilai kesiapan dalam menjalankan kewenangan, baik itu penanganan administratif maupun sengketa proses. (Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

Berita Terkait :#Pemilu 2024
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved