Berita Banjarmasin

Semangat Kai Api Diusia Senja, Hingga diundang Ke Acara Hitam Putih

Editor: Hari Widodo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kai Api saat berpamitan dengan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, di dampingi oleh Ketua Bidang Kebudayaan,mDinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Zulfaisal Putera, Rabu (15/8/2018) siang.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Usia yang tak muda lagi bukan menjadi halangan untuk terus berkarya. Ya, begitulah ungkapan yang tepat untuk sosok Muhammad Arysad (79) atau pria yang kerap disapa Kai (Kakek) Api ini.

Pria kelahiran Alabio, 13 Maret 1939 ini mempunyai semangat yang tinggi. Kai Api mempunyai 10 orang anak, dan 23 orang cucu.

Warga Antasan Kecil Timur Dalam, RT 14, Banjarmasin ini merupakan mantan atlet lari tingkat Asia. Dirinya pernah menyabet juara 2 lomba lari tingkat Asia tahun 1994. Selain itu, Kai Api juga berhasil meraih juara lomba di tingkat lokal dan nasional.

Baca: Live Streaming SCTV Timnas U-23 Indonesia vs Palestina Asian Games 2018, Live Vidio.com

Baca: LIVE SCTV! Link Live Streaming SCTV Timnas U-23 Indonesia vs Palestina di Asian Games 2018

Baca: Hasil Timnas U-23 Indonesia vs Palestina di Asian Games 2018 : Skor 1-1 Sementara, Hukuman Penalti

"Itu mendalinya ada banyak, piagamnya juga ada di rumah, foto-fotonya juga. Dulu itu di Asia juara satunya dari Srilangka, juara duanya Kai dari Indonesia, juara tiga dari Jepang," tuturnya pada banjarmasinpost.co.id saat ditemui, Rabu (15/8/2018) sore.

Baca: Pasca Tertabrak Motor, Tim Dokter Suntik Bekantan Tapin, Begini Reaksinya

Baca: Tersangka Saksikan Sabu Diblender dan Dimasukan Septictank

Di usia senja ini dirinya masih terus berolahraga dan berkarya. Kai Api sering tampil atraksi menggunakan instrumen api. Atraksinya dilakukan setiap malam Minggu dan pagi Minggu, di Menara Pandang, Siring Pierre Tendean Banjarmasin.

Atraksi-atraksi yang dilakukan Kai Api menjadi perhatian masyarakat kota Banjarmasin. Hal ini karena atraksi yang digunakan banyak menggunakan api dan kekebalannya terhadap api.

"Kai ini dulu sudah mulai kecil senang main api. Setelah berusia tua ini, Kai mau bikin hiburan untuk masyarakat Banjarmasin di sini. Kai sudah main atraksi api ini sekitar 15 tahunan lah," tutur Kai Api.

Ketua Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Zulfaisal Putera mengatakan bahwa Kai Api ini sudah sering dibawa oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Banjarmasin dalam beberapa event di luar daerah. Seperti Jakarta, Malang, Surabaya, Bandung dan lainnya, selalu kami bawa.

"Dengan Kai Api akan tampil di Hitam Putih ini, maka akan banyak manfaat. Pertama, Kai Api akan menjadi ikon kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada umumnya. Kedua, orang semakin tahu bahwa Banjarmasin mempunyai orang sehebat Kai Api. Ketiga, Kai Api menjadikan nama baik daerah Kalimantan Selatan," tuturnya pada banjarmasinpost.co.id.

Baca: Lamsi Peragakan Pembunuhan Sadis Warga Bangkal di Desa Buntok

Baca: Mulai Uang Rp 50 Juta Hingga Emas, Pemulung di TPA Basirih Sering Temukan Benda Berharga

Zulfaisal Putera berharap agar warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan untuk menyaksikan Kai Api pada Jumat Malam, 17 Agustus 2018 di acara Hitam Putih, Trans 7.

"Kai ini rasa bangga benar hati. Dan rasa senang bisa di undang ke acara Hitam Putih, Trans 7. Dan Kai juga senang sudah diizinkan oleh Wali Kota Banjarmasin," tutur Kai Api.(Banjarmasinpost.co.id/airul syahrif)