Cara Berikut Dapat Membantu Anda Menghindari Makan Berlebihan Saat Liburan

Liburan Natal dan Tahun Baru pasti diwarnai dengan berbagai sajian menggugah selera. Apalagi jika kita memiliki tradisi untuk mengunjungi

Cara Berikut Dapat Membantu Anda Menghindari Makan Berlebihan Saat Liburan
sajiansedap.com
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.IDLiburan Natal dan Tahun Baru pasti diwarnai dengan berbagai sajian menggugah selera. Apalagi jika kita memiliki tradisi untuk mengunjungi sanak saudara atau kerabat dekat. Bukan tidak mungkin kita akan selalu disuguhi berbagai macam makanan. Tidak sopan menolak makanan, tapi kita juga harus menjaga agar tubuh tidak melebar selama liburan.

Bagaimana solusinya? Berikut adalah cara menghindari makan secara berlebihan yang bisa kita ikuti,

1. Jangan pergi dengan perut kosong

Jika ingin mengunjungi perayaan Natal atau Tahun Baru, jangan pergi dengan keadaan perut kosong. Dalam keadaan lapar, kita akan cenderung ingin mengonsumsi makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat. Seperti yang kita tahu, kedua kandungan itu bisa berbahaya, apalagi bagi kita yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Baca: 5 Resep Smoothies Cepat dan Praktis Bikin Segar Natal Anda

Kita bisa makan dulu di rumah sebelum berangkat. Tidak perlu banyak, hanya cukup untuk membuat kita merasa terisi. Dengan begitu, kita akan merasa sedikit lebih kenyang dan tidak akan kalap dengan makanan yang disajikan.

2. Atur pikiran

Mungkin kita hanya melihat makanan itu, tapi bukan berarti kita harus memakannya. Jika kita memiliki pikiran untuk memakan semua makanan yang disediakan, maka kita akan mengambilnya meski kita sudah kenyang. Akhirnya kalori dan lemak pun menumpuk di dalam tubuh.

Baca: Tahukah Anda, Bunga Edelweiss Asli Ternyata di Pegunungan Alpen,

Padahal, menurut studi yang dilakukan Yale University, Amerika Serikat, ada hubungan yang kuat antara pikiran dan melihat makanan. Pikiran adalah senjata yang kuat untuk mengatur tubuh. Untuk itu Anda harus pintar mengatur pikiran di depan banyak makanan agar tidak kalap dan makan secara berlebihan.

Halaman
123
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved