Haul ke 13 Guru Sekumpul

Kabar Nike Ardilla Disebut Tak Ditanya Malaikat Dibantah, Begini Penjelasan MUI Kalsel

Terkait ceramah guru Guru Sekumpul yang kabarnya pernah menyebutkan almarhumah Nike Ardilla karena kedekatan dan kecintaannya

Kabar Nike Ardilla Disebut Tak Ditanya Malaikat Dibantah, Begini Penjelasan MUI Kalsel
Instagram/nikeardilla_id
Nike Ardilla pernah diangkat sebagai anak oleh Guru Sekumpul 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Terkait seorang netizen pernah mendengar ceramah Guru Sekumpul yang kabarnya pernah menyebutkan almarhumah Nike Ardilla karena kedekatan dan kecintaannya kepada wali Allah sehingga Nike di kuburnya tidak lagi ditanya malaikat Munkar dan Nakir, dibantah oleh warganet dan Ketua Bidang Fatwa MUI Kalsel, H Abdus Samad Sulaiman.

Warganet atas nama Ahmad Rosyadi yang pernah menulis buku tentang Abah Guru Sekumpul menyebutkan seingatnya sebagai salah satu jemaah Abah Guru Sekumpul dari periode 1990 hingga 2004 tak pernah menyebutkan tentang ini.

Pendapatnya itu dipostingnya di Facebooknya, Jumat (23/3/2018) pagi.

Begini katanya:

“Sebagai jamaah yg dulu hadir di pengajian Sekumpul pada 1990-2004: memang benar artis ini dan ribuan org lainnya jadi anak angkat Guru Sekumpul. Tapi, soal bebas pertanyaan di alam kubur yg akan dialami Nike Ardilla, saya kok tidak pernah mendengar ceramah ttg ini. Apakah saya yg terlewat? Apakah ini hoax? Apakah jamaah lain pernah mendengar ceramah ttg jaminan soal kubur artis ini? Komentator Instagram yg tidak jelas kok bisa dijadikan sumber berita ya. Tidak ada konfirmasi, tidak ada pembanding. Apakah itu valid? Kita perlu mencari rekaman ceramah soal konteks malaikat itu, soal Nike Ardilla itu...,” tulisnya.

Baca: Nike Ardilla Disebut Meninggal Berkaramah Karena ini

Baca: Nike Ardilla Disebut Jadi Anak Angkat Guru Sekumpul, Nike Dikabarkan Sering Lakukan Ini

Terpisah, Ketua Bidang Fatwa MUI Kalsel, H Abdus Samad Sulaiman juga menerangkan bahwa tak pernah ada hadis Rasulullah yang mengatakan bahwa seorang mayat tak ditanya malaikat di kubur.

“Semua yang mati pasti ditanya di kuburnya. Kalau pun ada wali Allah yang diminta seseorang untuk mendoakannya agar dia nyaman di kuburnya, itu bisa saja, tetapi hanya sebatas mendoakan dan dia begitu masuk kubur tetap saja ditanya malaikat,” jelasnya.

Seseorang bisa saja terlepas dari siksa kubur jika dia memiliki tiga amal jariyah ini, yaitu sedekah seperti membangunkan sesuatu yang bermanfaat untuk umat, mengajarkan ilmu yang bermanfaat dan doa anak saleh untuk orangtuanya.

Halaman
12
Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved