Yayasan Adaro Bangun Negeri

Lestarikan Budaya Melalui Kain Sasirangan, Warga Desa Liyu Membuatnya Pakai Pewarna Alam

Penduduk Desa Liyu, Gunung Riut merupakan masyarakat asli Dayak yang bermukim di kaki bukit Bedjalitn Jaya sejak ratusan tahun

Lestarikan Budaya Melalui Kain Sasirangan, Warga Desa Liyu Membuatnya Pakai Pewarna Alam
Istimewa
Anak perempuan juga ikut dalam tahapan proses pembuatan kain sasirangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Kendati jarak dan namanya masih jarang terdengar oleh masyarakat Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, namun Desa Liyu punya nilai dan budaya yang tetap dijaga dan dilestarikan oleh masyarakatnya.

Penduduk Desa Liyu, Gunung Riut merupakan masyarakat asli Dayak yang bermukim di kaki bukit Bedjalitn Jaya sejak ratusan tahun silam.

“Gunung Bedjalitn Jaya merupakan tempat bersemayamnya Panglima Merak yang merupakan salah seorang panglima besar kerajaan dayak dimasa silam, "ungkap Juhri Atak salah seorang tetua adat.

Sekejap saja, pemandangan Desa Liyu memang bisa dibilang masih perawan, flora dan fauna yang ada terbilang masih beragam, bila beruntung kita masih bisa menemui burung enggang terbang di atas langit desa tersebut.

Seorang peremuan menjelujur kain untuk dibikin kain sasirangan
Seorang peremuan menjelujur kain untuk dibikin kain sasirangan (Istimewa)

Kesenian dan budaya masyarakat Desa Liyu meski masih terjaga akan lebih baik bila keberadaanya terus dilestarikan.

Seni ukir dan budaya sedikit demi sedikit berkurang pelakunya, sehingga memunculkan ke khawatiran akan hilangnya kebudayaan dan hasil karya masyarakat Dayak Deah Desa Liyu.

Nilai budaya yang dimiliki oleh setiap masyarakat begitu besar nilainya, akan tetapi seiring perkembangan zaman upaya pelstariannyapun mulai luntur, yang dipengaruhi oleh faktor eksternal maupun faktor internal masyarakat itu sendiri.

Ibu-ibu antusias saat belajar proses mewarnai kain sasirangan
Ibu-ibu antusias saat belajar proses mewarnai kain sasirangan (Istimewa)

Kelestarian budaya tidak dapat berdiri sendiri, karena itu harus dikembangkan juga.

Melestarikan suatu kebudayaan dapat dilakukan dengan cara mendalami atau paling tidak mengetahui tentang budaya itu sendiri.

Agar nilai budaya itu terus lestari, salah satunya dengan mengembangkan seni budaya tersebut disertai dengan keadaaan yang kita alami sekarang ini atau dengan cara kekinian, yang bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai budayanya.

Halaman
123
Penulis: Dony Usman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved