Berita Banjarbaru

Mau Dapat Bantuan Kemenag Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Pondok Pesantren

Memiliki banyak pondok pesantren, nyatanya pondok pesantren yang ada di Banjarbaru ternyata masih dibawah standar

Mau Dapat Bantuan Kemenag Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Pondok Pesantren
HO/Ponpes Wali Songo
Kegiatan santri setiap sore tadarus bersama 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Memiliki banyak pondok pesantren, nyatanya pondok pesantren yang ada di Banjarbaru ternyata masih dibawah standar. Bukan standar dalam hal kualitas tapi fasilitas.

Hal itu diungkapkan Kepala Kemenag Kota Banjarbaru, H Zainal Ilmi.

"Pesantren kira masih jauh banget dari standar pesantren seharusnya, khususnya masalah kebersihan dan MCK," ungkapnya, Jumat (27/07/2018).

Masih adanya pesantren minim fasilitas misalnya 60 orang untuk dua toilet sebutnya merupakan contoh minimnya fasilitas.

Selain itu wacana akan dibangunkannya rumah susun sewa (Rusunawa) di Pondok Pesantren Al Falah Banjarbaru hingga kini juga belum terealisasi. Sebelumnya walikota Banjarbaru sempat berdialog dengan Pondok Pesantren Al Falah Banjarbaru terkait akan dibangunnya rusunawa.

Baca: Santri Ponpes Ini Diajarkan Cara Obati Orang Gila hingga Kesurupan

Namun jelas Ilmi itu hanya wacana, hingga kini dari pihak Ponpes Al Falah juga belum mengusulkan ke Pemko Banjarbaru untuk pembuatan rusunawa.

Memang selama ini di Banjarbaru sebutnya belum ada ponpes yang memiliki rusunawa. Berbeda dengan ponpes di Kabupaten Banjar yang sudah ada memiliki ponpes.

Saat ini di Banjarbaru terdata oleh Kemenag Kota Banjarbaru ada 17 pondok pesantren. Namun dari total itu mayoritas ponpes adalah ponpes baru sehingga belum begitu mapan untuk fasilitas.

Oleh karena itu ujarnya enam pondok pesantren di Banjarbaru mendapatkan bantuan dari Kementerian Agama RI melalui Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel untuk membuat, hingga melakukan renovasi ruang kelas ponpes.

Enam ponpes yang mendapat bantuan kebanyakan adalah Ponpes yang baru dan ponpes yang masih jauh dari standar fasilitas ponpes.

Baca: Jadwal Live Indosiar & Prediksi Susunan Pemain Mitra Kukar vs Arema FC Liga 1 2018 Jumat (27/7)

Halaman
12
Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved