Pilpres 2019

Plus Minus Bakal Cawapres Prabowo Subianto, Antara AHY dan Salim Segaf Menurut Versi Pengamat

Calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto sudah mengerucut kepada dua nama seperti yang diungkapkan (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Plus Minus Bakal Cawapres Prabowo Subianto, Antara AHY dan Salim Segaf Menurut Versi Pengamat
Dokumentasi Demokrat via Kompas.com
Kemungkinan Prabowo Subianto dan Agus Harimurti Yushoyono (AHY) jadi capres dan cawapres di Pilpres 2019 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto sudah mengerucut kepada dua nama seperti yang diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Meski tak mengungkapkan siapa dua nama cawapres Prabowo Subianto, diduga nama yang tersisa adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Salim Segaf Al Jufri.

Pengamat politik, Said Salahudin memprediksikan dua nama kuat yang akan maju menjadi cawapres Prabowo Subianto adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri.

Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) ini menilai Prabowo sendiri pasti juga memerlukan banyak masukan terkait kelebihan dan kekurangan Habib Salim dan AHY.

Baca: Setelah Abdul Somad Mundur, AHY dan Salim Segaf Mulai Berebut Kursi Cawapres Prabowo Subianto

Sebab sebelum memilih satu diantaranya, Prabowo Subianto harus betul-betul memastikan calon pendampingnya nanti bisa memberikan tambahan suara yang signifikan untuk dirinya.

Secara umum, ia melihat peluang Habib Salim dan AHY relatif berimbang.

Masing-masing punya basis konstituen yang riil dan sama-sama berpeluang menggaet pemilih potensial guna menambah suara bagi Prabowo.

Jika perbandingannya merujuk pada hasil perolehan suara Pemilu legislatif (Pileg) 2014, maka AHY jelas lebih unggul daripada Habib Salim dengan asumsi pemilih Demokrat dan PKS memiliki konsistensi dan loyalitas kepada partainya masing-masing.

"Di Pileg 2014 dulu, Demokrat berhasil meraup 12,7 juta suara pemilih, sedangkan PKS hanya mampu menghimpun kurang dari 8,5 juta suara pemilih," jelasnya kepada Tribunnews.com, Senin (6/8/2018).

Artinya, ia menjelaskan, potensi suara yang berpeluang disumbangkan oleh AHY kepada Prabowo lebih besar daripada Habib Salim.

Baca: Ustadz Abdul Somad Singgung Soal Pemimpin Indonesia, Jemaah Doakan Jadi Cawapres Pilpres 2019

Halaman
1234
Editor: Restudia
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved