Gempa Lombok

Gempa 6,2 SR Kembali Guncang Lombok, Telah Terjadi 355 Kali Guncangan Sejak 5 Agustus

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia mengumumkan hari ini Lombok gempa

Gempa 6,2 SR Kembali Guncang Lombok, Telah Terjadi 355 Kali Guncangan Sejak 5 Agustus
Dok ACT
Masjid Jamiul Jamaah, Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, NTB yang rusak akibat gempa. Tim Emergency Response Aksi Cepat Tanggap (ACT) ikut berjibaku mencari korban di balik runtuhan masjid Jamiul Jamaah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Lombok kembali diguncang gempa.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia mengumumkan hari ini, Kamis (9/8/2018) pagi hingga siang telah terjadi berkali-kali gempa susulan.

Kamis (9/8/2018) siang, melalui Twitter resminya, BMKG mengumumkan gempa susulan berkekuatan 6,2 skala Richter kembali mengguncang Lombok.

Baca: Anak Perempuan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Jadi Korban Gempa Lombok, Begini Kondisinya

Kali ini pusat gempanya di Lombok Utara dan tidak berpotensi tsunami.

“#Gempa Magnitude: 6.2, 09-Aug-2018 Pkl. 12:25:32 WIB, Lokasi: 8.36 LS 116.22 BT (6 km BaratLaut LOMBOKUTARA-NTB), Kedalaman: 12 Km, tidak berpotensi tsunami #BMKG,” tulis BMKG.

Baca: BREAKING NEWS : Lombok Utara Kembali Diguncang Gempa, Kali 6,2 SR BMKG Sebut Tak Berpotensi Tsunami

Pihaknya juga mengumumkan sejak mulai gempa beberapa hari lalu hingga hari ini pukul 08.00 Wita, tercatat sudah 355 kali kejadian.

”@infoBMKG Aktivitas gempabumi #Lombok mulai dari #gempa pendahuluan (foreshocks), gempa utama (mainshock), hingga gempa susulan (aftershocks) yang tercatat hingga pukul 08.00 hari ini sebanyak 355 kejadian. #BMKG #PrayForNTB,’ sebutnya.

Sebelumnya, pihaknya juga menginformasikan, dari 355 kali gempa yang terjadi, 17 kali di antaranya yang dirasakan.  

“Hingga tanggal 9 Agustus 2018 pukul 08.00 WITA telah terjadi 355 #gempa susulan dari gempa M=7.0 (5 Agustus 2018), dan 17 diantaranya gempa dirasakan. #Lombok #GempaLombok #prayforlombok #prayforlombokbali #Gempabumi#GempabumiLombok #BMKG,” jelas BMKG.

Baca: Pesona Nissa Sabyan Gambus Buat Para Bule Tercengang Saat Mendengar Lagunya

Sebelumnya, pada 15 Desember 2017, BMKG mengumumkan pihaknya memiliki aplikasi untuk HP berbasis Android dan iOS untuk mengetahui aktivitas alam seperti kualitas udara, cuaca dan gempa.

Jika ingin mengetahui lebih banyak terkait gempa bumi, bisa langsung mengunduh dan mengakses aplikasi tersebut.

“Silakan teman-teman mengunduh aplikasi Info #BMKG untuk update #gempa, #cuaca, kualitas udara, dan press release terkini. Sudah ada notifikasi untuk gempabumi yang terjadi. Langsung unduh gratis di App Store (iOS) dan Play Store (Android), cari “Info BMKG”. Semoga bermanfaat,” tulisnya. 

(banjarmasinpost.co.id/yayu fathilal)  

Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Restudia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved