Pilpres 2019

Pemilih di Kalsel Jadi Perhatian Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019

Koalisi Indonesia Kerja (KIK) sudah mulai ancang-ancang untuk memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Pemilih di Kalsel Jadi Perhatian Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019
Tribunnews/Jeprima
Bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin saat berfoto bersama seusai menyerahkan syarat pencalonan menjadi presiden dan wakil presiden kepada Ketua KPU Arief Budiman (kanan) di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2018). Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang diusung sembilan partai politik secara resmi mendaftar sebagai calon presiden dan wakil presiden tahun 2019-2024. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Meski pelaksanaan Pilpres baru akan terjadi pada 2019, namun Koalisi Indonesia Kerja (KIK) sudah mulai ancang-ancang untuk memenangan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Tim internal menyebut ada sembilan provinsi yang jadi perhatian Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

Sembilan daerah itu di antaranya adalah Aceh, Jawa Barat, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, Banten dan Kalimantan Selatan.

Baca: Ingin Selamatkan Anaknya, Polisi Polres Banjar Tenggelam di Waduk Riam Kanan

"Kami menganalisis betul memang ada sembilan daerah atau provinsi yang menjadi tekanan atau perhatian dan itu sudah kami lakukan analisisnya dengan baik," kata Johnny di sela-sela pertemuan dengan para sekjen KIK di Rumah Cemara 19, Jakarta, Minggu (19/8/2018).

Menurut dia, wilayah tersebut merupakan basis suara KIK pada Pilkada 2018 lalu.

Sebagai informasi, Jokowi pernah mengalami kekalahan dari calon pesaing Prabowo Subianto di wilayah-wilayah tersebut pada Pilpres 2014 lalu.

Baca: Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad Soal Vaksin MR, Orangtua di Barabai Tunggu Fatwa MUI

Selain sembilan wilayah itu, Johnny menegaskan, koalisi tentu akan memperkuat basis suara di wilayah-wilayah yang pernah dimenangkan oleh Joko Widodo.

Pada Pilpres 2014 lalu, Jokowi unggul di 23 provinsi. "Ini semuanya tentu sudah diamati dengan betul, sambil di saat yang sama penetrasi untuk menjaga dan meningkatkan basis-basis elektoral pilpres di wilayah yang dulu dimenangkan untuk tetap ditingkatkan," kata dia.

Di sisi lain, Johnny menjamin koalisi akan menggunakan kampanye yang realistis dan kondusif dalam menggaet suara pemilih.

Baca: 3 Nama Ketua Tim Pemenangan di Pilpres 2019 Sudah di Tangan Jokowi, PPP : Saya Sebut Senior Netizen

Hal itu guna menjaga pesta demokrasi 2019 nanti berlangsung dengan baik. Jokowi, kata dia, menginginkan Pilpres 2019 sebagai ajang pertarungan gagasan yang menggembirakan.

"Tetap menjaga keramahtamahan dan silaturahim. Pemilu diisi kontestasi gagasan, program, misi dan integritas ya. Ajang kontestasi track record atau kerja nyata yang pernah dilakukan," kata Johnny. "Dan tidak berharap dan menginginkan untuk diisi sebagai ajang peperangan dan permusuhan," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Koalisi Jokowi-Ma'ruf Akan Tingkatkan Suara di Sembilan Provinsi"

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved