Berita Banjarmasin

Seluruh K2 Gagal Memenuhi Passing Grade TKD CPNS 2018, Begini Hasilnya

Hasilnya hanya 319 pelamar yang memenuhi passing grade dari 5.224 pelamar yang dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi.

Seluruh K2 Gagal Memenuhi Passing Grade TKD CPNS 2018, Begini Hasilnya
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Peserta Tes CPNS 2018 Wilayah Banjarmasin melaksanakan tes CAT 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Tes kompetensi dasar (TKD) untuk CPNS 2018 di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin sudah selesai pada Sabtu (10/11/2018) lalu.

Hasilnya hanya 319 pelamar yang memenuhi passing grade dari 5.224 pelamar yang dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi.

Bahkan, untuk eks honorer K2, tak ada satu pun yang lulus TKD dengan kriteria passing grade yang sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui Pemeraturan Pemerintah Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pendagaan CPNS Tahun 2018.

Baca: Hasil Akhir Madura FC Vs PSS SLeman 8 Besar Liga 2 2018, PSS Jadi Juru Kunci Klasemen

Dalam aturan itu, jelas sudah, tenaga eks honorer K2 wajib memenuhi standar passing grade sebesar 260 dan wajib memperoleh nilai tes intelegensi umum (TIU) sebesar 60 sedangkan tes karakteristik pribadi (TKP) dan tes wawasan kebangasaan (TWK) tidak diatur besarannya.

Berbeda dengan jalur umum yang wajib lulus TKP dengan nilair 143, TIU 80, dan TWK 75. Untuk eks honorer K2 di Banjarmasin ada tiga orang yang melamar sebagai guru. Sayangnya, ketiganya juga tidak memenuhi passing grade.

Baca: Jatah Kuota CPNS 2018 Tanahlaut Hanya Terisi 57 Persen, Ternyata Ini Permasalahannya

Nilai tertinggi yang diperoleh oleh eks honorer k2 hanya 240 dan terendah 190. Angka ini jauh dari standar yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Karena tidak memenuhi passing grade, semuanya gagal untuk menjadi PNS,” ujar Kasubbid Formasi dan Seleksi Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Kota Banjarmasin, Miftah Al Hajir, kemarin.

Sebenarnya, untuk menjadi PNS, ini adalah kesempatan bagi eks honorer K2. Sebab, jika UU Nomor 5 Tahun 2014, tentang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, batas usia eks honorer K2 tidak memenuhi lagi.

Baca: Segini Jumlah Kendaraan yang Ditilang Dalam Operasi Zebra di Banjarmasin Barat

Pada pasal 23 ayat (1) huruf a menyebutkan jika Setiap warga negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi PNS dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut, usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar.

“Usia mereka ada yang 34 jalan 35. Kalau pun tahun depan ada penerimaan CPNS lagi dengan aturan yang sama sudah tidak bisa lagi. Kecuali ada perubahan aturan,” katanya.

Di Banjarmasin sebenarnya ada 120 eks honorer K2. Namun, memenuhi kualifikasi usia di bawah 35 tahun hanya delapan saja. Jika disaring berdasarkan pendidikannya, maka yang berhak ikut hanya tiga.

“Tapi ketiganya gagal,” bebernya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved