Berita Kotabaru

Sebanyak 24.255 Warga Kotabaru Belum Rekam e-KTP, Petugas Disdukcapil Kotabaru Turun ke Lapangan

Sesuai data yang ada di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kotabaru, masih ada ribuan orang yang belum melakukan perekaman.

Sebanyak 24.255 Warga Kotabaru Belum Rekam e-KTP, Petugas Disdukcapil Kotabaru Turun ke Lapangan
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Warga antre melakukan perekaman KTT Elektronik di Disdukcapil Kotabaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Ribuan warga Kotabaru hingga saat ini masih belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik atau (E-KTP.

Pasalnya, meski sudah menggencarkan perekaman di tiap kecamatan, masih saja ada yang belum melakukan perekaman.

Faktanya, sesuai data yang ada di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kotabaru, masih ada ribuan orang yang belum melakukan perekaman.

Sesuai data yang ada per 24 Januari 2019, ada sebanyak 224.258 wajib ektp. Namun hingga tanggal tersebut, masih ada ribuan yang belum melakukan perekaman.

Menurut Kepala Bidang PIAK pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kotabaru, Ali Yusran, Senin (4/2/19) dari jumlah wajib KTP tersebut yang sudah melakukan perekaman baru sebanyak 200.003 per 24 Januari 2019.

"Yang belum melakukan perekaman ada sebanyak 24.255 atau dengan persentase sekitar 11 persen lagi," kata Ali Yusran.

Baca: Link Live Streaming Valentino Rossi Peluncuran Motor Baru Tim Yamaha MotoGP 2019, Live Youtube

Baca: Api Mengamuk di Kompleks Persada Permai 04 Handil Bakti Batola

Baca: Jelang MotoGP 2019 - Valentino Rossi dan Maverick Vinales Luncurkan Motor Baru Tim Yamaha Hari Ini

Namun dia menargetkan, sebelum Pemilu pada April 2019 mendatang, perekaman bisa diselesaikan. Saat ini, jajarannya menggencarkan dan jemput bola ke sekolah-sekolah agar anak yang sudah berusia 17 tahun sudah memiliki KTP.

Sebelumnya mereka sudah mendatangi sekolah-sekolah secara bergantian. Terakhir jajarannya juga melaksanakam perekaman di Lembaga Pemasyarakatan Kotabaru.

"Kalau di LP kemarin, ada sekitar 100-an yang melakukan perekaman," katanya.

Dia juga menjelaskan, saat ini di 21 kecamatan, bisa melakukan perekaman, baik itu secara online atau offline. Namun untuk cetaknya tetap dilakukan kantor dinas.

"Setelah dicetak, nantinya akan disalurkan ke kecamatan, dan kecamatan ke desa. Namun sebelum merekam, operator saat ini gencar turun kelapangan untuk melakukan perekaman ktp," katanya.

Sementara itu, sejauh ini juga ada perekaman ganda atau duplicate record sebanyak 3.975. Terkait itu, perlu waktu untuk memperbaikinya dan diproses lagi dengan cara pembersihan dan setelah itu diambil satu di antaranya. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved