Ekonomi dan Bisnis

Ikuti Sosialisasi Inkindo dan Perkindo, Konsultan Kalsel Dituntut Paham SPSE 4.3 dan Perpajakan

Lelang proyek pengadaan terbilang berbeda jauh mekanismenya dibandingkan dulu. Sekarang sudah dilakukan dengan sistem terbuka dan transparan.

Ikuti Sosialisasi Inkindo dan Perkindo, Konsultan Kalsel Dituntut Paham SPSE 4.3 dan Perpajakan
HO/inkindo Kalsel
Suasana sosialisasi Implementasi SPSE 4.3 dan Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP) serta Pelatihan Pelaporan Perpajakan Bidang Jasa Konstruksi di Aula Inkindo Kalsel, Senin, (15/4/2019) lalu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Saat ini lelang proyek pengadaan terbilang berbeda jauh mekanismenya dibandingkan dulu. Sekarang sudah dilakukan dengan sistem terbuka dan transparan karena itu, para konsultan dituntut harus menguasai sistem Pengadaan Secara Terbuka (SPSE) 4.3 yang telah diterapkan.

Hal ini diungkapkan Ketua Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Kalsel, M Arifin saat gelaran sosialisasi Implementasi SPSE 4.3 dan Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP) serta Pelatihan Pelaporan Perpajakan Bidang Jasa Konstruksi di Aula Inkindo Kalsel, Senin, (15/4/2019) lalu.

"Konsultan di Kalsel harus update mengenai regulasi terbaru, kalau tidak maka akan ketinggalan dan sulit mendapatkan proyek," ujarnya seperti dikutip dalam rilia yang diterima Banjarmasinpost.co.id.

Selain harus memahami SPSE, konsultan juga harus mengetahui tata cara pelaporan perpajakan di bidang jasa konstruksi mengenai pengisian formulir pajak khususnya menggunakan sistem elektronik e-filling sehingga tidak menimbulkan persoalan nantinya.

Baca: Beli Apartemen Selama Expo di Duta Mall, Sky Pavilion Beri Hadiah Lagsung Gratis Liburan ke Eropa

Baca: Mimpi Ani Yudhoyono yang Belum Terwujud Buat AHY Sedih, Annisa Pohan Ungkap Hal ini

Setelah para konsultan dapat memahami SPSE dan perpajakan ini diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi Kalsel.

"Pelatihan seperti ini sangat bagus untuk itu Inkindo bekerja sama dengan Perkindo menggelar pelatihan yang diikuti 100 orang lebih konsultan banua sehingga bisa turut andil dalam pembangunan di Kalsel," imbuhnya.

Ke depannya Inkindo bersama Perkindo juga merencanakan akan menggelar sosialisasi mengenai audit, yang turut menggnadeng Kejaksaan serta BPK agar konsultan tidak ada permasalahan hukum di kemudian hari.

Ketua Perkindo Kalsel, Yuani menambahkan, para konsultan bisa mematuhi dan menjalankan aturan-aturan yang diterapkan pemerintah, baik di bidang pelelangan maupun perpajakannya.

Hampir setiap tahun sistem pelelang mengalami perubahan karena itu kita patra konsultan harus mengikuti perkembangan yang terjadi atau melakukan update terus.

"Kita terus belajar dan mengikuti perkembangan jaman supaya jangan ada yang ketinggalan dan bisa bekerja sesuai aturan," pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved