Berita Tanahlaut

Keliru Masukkan Data C1 Capres Nomor Urut 01 dari 59 Jadi 259, KPU Tanahlaut Koreksi ke KPU RI

Dalam kesalahannya, operator penginput data memasukkan angka 259 untuk Capres-cawapres nomor urut 01, yang seharusnya hanya 59.

Keliru Masukkan Data C1 Capres Nomor Urut 01 dari 59 Jadi 259, KPU Tanahlaut Koreksi ke KPU RI
HO/KPU Tanahlaut
Tim operator KPU Tanahlaut menginput data hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 ke sistem situng KPU RI 

BANJARJARMASINPOST.CO.ID - Diduga mengantuk dan kelelahan petugas operator input data C1 atau surat suara Capres-Cawapres di KPU Tanahlaut mengalami kesalahan input jumlah perolehan suara.

Dalam kesalahannya, operator penginput data memasukkan angka 259 untuk Paslon Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf AMIN, data yang benar seharusnya hanya 59.

Akibatnya KPU Tanahlaut harus melakukan koreksi ke KPU RI melalu KPU provinsi Kalsel untuk mengubah hasil suara.

"Jadi operator kita tidak sengaja memasukkan angka dua didepannya karena dari TPS yang sudah menulis data hasil, menulis x59, operator mengira huruf x itu angka dua sehingga tak sengaja menginput dua didepannya," terang Ketua KPU Tanahlaut, Arif Mukhyar kepada Banjarmasinpost.co.id.

Kesalahan input data itu diketahui terjadi pada data TPS 03 Kelurahan Angsau. Sementara hasil perolehan suara untuk Paslon nomor urut 02 sebanyak 147 dan tak ad kekeliruan.

Baca: Logistik Pemilu Diangkut ke Gudang KPU HSS, 8 PPK Masih Pleno Rekapitulasi Hasil Coblosan

Baca: Data Banjarbaru Mulai Masuk di Situs Hitung Perolehan Suara KPU, Ini Capres Yang Unggul Sementara

Terkait adanya kekeliruan input data terang Arif sudah diperbaiki sejak pagi tadi Senin (22/4/2019), dan sudah selesai sehingga bisa dilihat di website KPU Tanahlaut data yang sudah benar.

"Kami jelaskan itu murni tidak ada unsur kesengajaan, hanya kekeliruan oleh operator yang memasukkan data kemarin malam, Minggu (21/4/2019) malam.

Memang terang Arif saat ini kerja operator KPU Tanahlaut masih tidak normal lantaran operator harus bekerja hingga 12 jam agar data bisa diinput dengan cepat ke KPU RI.

"Saat ini kita bekerjanya sejak pagi sampai jam setengah 6, kemudian jam 8 malam masuk lagi sampai jam setengah 2, sehingga operator mengalami kelelahan dan menyebabkan kurang teliti," terangnya.

Baca: KPU Batola : Semua Penghuni Rutan Kelas II B Marabahan Bisa Ikut Memilih

Baca: Begini Penjelasan KPU Kalsel Terkait Proses Pengiriman Data Pemilu ke Server KPU, Ada Kendala Ini

Setelah ini tambahnya operator KPU Tanahlaut akan dibagi dalam dua shift yaitu 12 orang shift pertama dan 13 shift shift kedua. 
"Kita tidak melakukan penambahan operator tapi kita buat kerja sistem shift jadi waktu istirahat operator bisa lebih lama dan menghindari terjadinya kekeliruan dan kurang teliti dalam input data," tambahnya.

Saat ini progres entry data untuk pemilihan presiden dan wakil presiden di Kabupaten Tanahlaut sendiri terang Arif sudah sampai 41,66 persen dengan perolehan suara terbanyak masih dipimpin oleh Paslon 02.
Banjarmasinpost.co.id/Milna

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved