Polisi Cokok Purnawirawan TNI Terduga Pelaku Ledakan di Liquid Bar and Kitchen

Percikan api didapatkan dari kabel yang dihubungkan dengan aki di sepeda motor

BANJARMASINPOST.CO.ID, SLEMAN - Polisi menangkap SYN, pelaku terkait ledakan motor di Liquid Bar and Kitchen di Jalan Magelang Km 4,5, Sleman, Yogyakarta, 26 Oktober lalu. Pria berusia lima puluh tahun itu merupakan purnawirawan TNI. Ia dicokok saat berada di kediaman pribadi, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.

"Memang pelat motor palsu dan nomor mesin sudah dihapus. Tetapi terus kami kembangkan dengan olah TKP dan memeriksa saksi-saksi," ujar Direskrimum Polda DIY, Kombes Pol Frans Tjahyono, Kamis (3/11).

Menurutnya, dari hasil penyelidikan dan keterangan saksi-saksi, pihaknya mendapatkan petunjuk yang mengarah pada pelaku berinisial SYN. "Jatanras Polda DIY menangkap pelaku SYN di rumahnya Muntilan, pada Rabu. Dari informasi Babinsa di sana, pelaku pensiunan TNI," tegasnya.

Ia menjelaskan, motor yang meledak sudah berpindah tangan sebanyak dua kali. Motor tersebut terakhir dibeli oleh pelaku SYN. "Satu minggu sebelum kejadian dibeli oleh SYN," ungkap Frans seraya mengemukakan SYN membakar sepeda motor dengan menggunakan botol mineral yang berisi bensin.

Botol yang berjumlah lima buah itu dihubungkan dengan kabel menuju mesin jam dinding sebagai timer. Setelah itu, percikan api didapatkan dari kabel yang dihubungkan dengan aki di sepeda motor . "SYN yang merakit sendiri konstruksi itu di rumahnya, sekaligus sebagai eksekutor," ucapnya.

Frans menambahkan, sampai saat ini pihaknya masih mendalami motif pelaku, termasuk mencari otak dari aksi tersebut. Ada kemungkinan, lanjut dia, SYN disuruh oleh seseorang. "Motif masih kami dalami, termasuk kemungkinan yang menyuruh," tuturnya.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 7 Peraturan Pemerintah Pengganti UU No 1 th 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme yang dikuatkan dengan UU No. 15 Tahun 2003.

Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi cetak, Jumat (4/11)

Editor: Mahmud M Siregar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved