Norliani Dardie: Perpustakaan itu Ibarat Restoran

Minat baca masyarakat di tanah air masih terbilang rendah. Sebab itu perlu berbagai upaya untuk memotivasi dan menggairahkan minat baca tersebut.

Norliani Dardie: Perpustakaan itu Ibarat Restoran
banjarmasinpost.co.id/salmah
Norliani Dardie Kepala Pustarda dan Kearsipan Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Minat baca masyarakat di tanah air masih terbilang rendah. Sebab itu perlu berbagai upaya untuk memotivasi dan menggairahkan minat baca tersebut.

Kepala Perpusda dan Kearsipan Kalsel Norliani Dardie, saat berkunjung ke Banjarmasin Post Group, Kamis (26/1/2016), mengungkapkan, dalam rangka menarik minta masyarakat pihaknya pun melakukan berbagai upaya perubahan.

Disadarinya, kunjungan ke perpustakaan masih sedikit. Menggairahkan masyarakat, maka sejak dilantik sebagai Plt Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pemprov Kalsel pada 3 Januari lalu, ia sudah mulai bergerak.

"Semua dibenahi, baik manajemen, SOP, mental, sarana, prasarana. Tujuannya agar semua lebih baik," jelasnya.

Menurut Norliani, perpustakaan itu ibarat restoran. Bagaimana orang mau datang, kalau misalnya restoran itu tidak menarik?

"Sebuah restoran itu harus bersih, tampilannya menarik, petugasnya ramah, menunya banyak dan fresh from the oven serta dimasak oleh koki berpengalaman. Nah, begitu diibartakan sebuah perpustakaan," paparnya.

Selain mengemas penampilan, lanjut Norliani, pihaknya juga secara eksternal menggandeng stakeholder, media, lintas komunitas, orangtua, pendidik usia dini untuk menggairahkan minat baca. (*)

Penulis: Salmah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved