Softlens Murah, Amankah?

Di pasaran saat ini banyak ditawarkan softlens dengan harga miring. Tak sampai Rp100.000 dapat 2-3 pasang.

Softlens Murah, Amankah?
NET
Lensa kontak 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Di pasaran saat ini banyak ditawarkan softlens dengan harga miring. Tak sampai Rp100.000 dapat 2-3 pasang. Softlens murah seperti ini, apakah aman digunakan?

Sebelum bicara lebih jauh, dr. Yunia Irawati Sp.M (K) kepada Nova.id, memberikan komentarnya, “Pada dasarnya semua benda asing yang dilekatkan ke mata itu ada risikonya. Karenanya, kebersihannya harus benar-benar terjaga. Kalau tidak higienis, besar kemungkinan terjadi infeksi.”

Jangan tergiur harga murah, yang biasanya ditandai dengan merek “tidak jelas”. Sebaiknya, pilih softlens yang mereknya terpercaya. “Harganya bisanya lebih mahal, tapi lebih aman,” lanjutnya. Softlens harian lebih baik dari pada yang bulanan, apalagi yang tahunan.

Perhatikan juga tanggal kadaluwarsa softlens maupun cairan perendamnya. Jangan digunakan lagi kalau sudah lewat batas penggunaannya.

Durasi penggunaan softlens juga harus diperhatikan. “Sebaiknya tidak memakai softlens seharian. Batasi waktunya. Makin singkat, makin disarankan,” saran dr. Yunia.

Bagaimana dengan softlens berwarna? “Tak masalah. Selama kualitasnya bagus, softlens berwarna boleh digunakan.”

Dan yang terpenting bagi pengguna softlens adalah menjaganya tetap higienis. Sebab kuman yang menumpuk di softlens berpotensi menyebabkan infeksi dan pada kasus yang parah bisa menyebabkan kebutaan.

Editor: Edinayanti
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved