Uji Coba Rudal Terbaru, Dubes AS di PBB: Kim Jong Un Alami Penyakit Jiwa

Nikki mengatakan Kim Jong Un mengalami paranoia, yang mengakibatkannya kerap berpikir aneh dan mengisi harinya dengan khayalan.

Uji Coba Rudal Terbaru, Dubes AS di PBB: Kim Jong Un Alami Penyakit Jiwa
(Bryan R. Smith / AFP)
Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Nikki Haley.(Bryan R. Smith / AFP) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Duta Besar Amerika Serikat di PBB, Nikki Haley, menuduh pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un menderita penyakit jiwa.

Nikki mengatakan Un mengalami paranoia, yang mengakibatkannya kerap berpikir aneh dan mengisi harinya dengan khayalan. 

"Anda pertama harus masuk ke dalam kepala Kim Jong Un, bahwa dia berada dalam kondisi paranoia," kata Haley dalam wawancara dengan stasiun berita AS, ABC, Minggu (15/5/2017).

Wawancara itu dilakukan setelah uji coba terbaru peluru kendali yang dilepaskan ke arah Laut Jepang yang berbatasan dengan wilayah Rusia.

"Dia (Un) amat khawatir dengan setiap hal dan semua hal di sekelilingnya," kata Haley.

Haley menambahkan, AS bekerja sama lebih baik dengan China -yang merupakan sekutu utama Pyongyang, dan seluruh komunitas internasional akan menyingkirkan Korut.

Dia lalu menegaskan, Washington akan terus memperkuat tekanannya terhadap Pyongyang.

Sebelumnya, Presiden Donald Trump sudah menyerukan sanksi yang lebih keras, namun China mendesak agar semua pihak menahan diri.

Sementara, Jepang mengatakan, uji coba rudal terakhir mungkin melibatkan jenis rudal baru dengan jangkauan ketinggian yang mencapai lebih dari 2.000 kilometer.

Presiden Korea Selatan yang baru terpilih Moon Jae-in, yang ingin meningkatkan komunikasi dengan Korut, mengatakan uji coba sebagai provokasi yang gegabah.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved