Berita Hulu Sungai Selatan

Serunya Memacu Adrenalin di Festival Bamboo Rafting dan Budaya Loksado

Arus deras Sungai Amandit cukup membuat adrenalin para peserta bergejolak. Jeram-jeram Sungai Amandit d

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Selama dua jam hingga tiga jam lamanya, para peserta kegiatan Festival Bamboo Rafting dan Budaya Loksado menikmati kearifan lokal saat menyusuri Sungai Amandit di Kecamatan Loksado, Hulu Sungai Selatan (HSS), Minggu, (17/12/2017).

Arus deras Sungai Amandit cukup membuat adrenalin para peserta bergejolak. Jeram-jeram Sungai Amandit dan deras arus Sungai Amandit menjadi sensasi yang berbeda.

Bamboo Rafting meluncur di antara derasnya air Sungai Amandit. Guide yang sudah ahli terus mengarahkan lanting agar bisa meluncur sesuai dengan arah air dan tidak menabrak tebing batu dan pinggiran sungai.

Para peserta yang dilepas di lokasi Wisma Alam Roh Tujuh Desa Loksado Kecamatan Loksado oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor diperkirakan menempuh waktu dua jam hingga tiga jam menuju finish di kawasan tugu Ni'ih, Kecamatan Loksado.

Baca: Festival Loksado : Naik Bamboo Rafting, Sensasinya Beda dengan Perahu Karet

Baca: Festival Loksado: 100 Bamboo Rafting Susuri Sungai Amandit

Ada sebanyak 100 lanting bambu yang membawa para peserta menyusuri arus Sungai Amandit. Masing-masing lanting bambu hanya membawa tiga peserta. Untuk keamanan peserta, setiap Bamboo Rafting dilengkapi dengan pemandu yang sudah ahli mengendalikan lanting.

Para pemandu memakai tongkat bambu sebagai alat untuk mengendalikan lanting. Saat menjalankan lanting, pemandu juga kerap beraksi menunjukkan keahliannya dengan melombat di atas lanting. Selain itu, para peserta juga dilengkapi dengan life jacket untuk keselamatan selama pengarungan arus sungai Amandit yang arusnya cukup deras.

Kabid Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disporapar HSS Moh Zakir Maulidi mengatakan jumlah peserta yang hadir pada acara pelepasan bamboo rafting lebih 1000 peserta.

"Untuk bamboo rafting ada 100 lanting yang disiapkan. Semuanya sudah terisi dengan para peserta yang mengikuti kegiatan festival Loksado," katanya.

Halaman
12
Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved