Resmi! Mahathir Mohamad Dilantik Jadi Perdana Menteri Ketujuh Malaysia

Resmi! Akhirnya Mahathir Mohamad dilantik sebagai perdana menteri ketujuh Malaysia pada Kamis (10/5/2018) malam waktu

Resmi! Mahathir Mohamad Dilantik Jadi Perdana Menteri Ketujuh Malaysia
(TV2 via Malaysia Kini)
Mahathir Mohamad ketika mengucapkan sumpah sebagai Perdana Menteri Malaysia di Istana Negara, Kuala Lumpur, Kamis malam (10/5/2018) waktu setempat. Dia menjadi pemimpin terpilih tertua dia dunia. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALALUMPUR - Resmi! Akhirnya Mahathir Mohamad dilantik sebagai perdana menteri ketujuh Malaysia pada Kamis (10/5/2018) malam waktu setempat.

Dia mengenakan baju adat Melayu berwarna hitam, Mahathir Mohamad mengucapkan sumpah di hadapan Yang di-Pertuan Agong, Sultan Muhammad V dari Kelantan.

Malaysia Kini melaporkan, Mahathir pertama kali menjadi perdana menteri pada 16 Juli 1981. Ketika itu, dia masih berusia 56 tahun.

Dia kemudian meletakkan jabatan pada 31 Oktober 2003, atau setelah memerintah selama 22 tahun, dan menjadikannya sebagai perdana menteri dengan masa jabatan terlama di Malaysia.

Baca: Krisdayanti Ucapkan Selamat Pada Mahathir Mohamad, Malah Diprotes Karena Sosok Wanita Ini

Dengan usianya yang menapak 92 tahun, pemimpin koalisi oposisi Pakatan Harapan itu menjadi pemimpin terpilih tertua di dunia.

Upacara pelantikannya disambut rasa syukur oleh ratusan orang yang menunggu di depan Istana Negara, Kuala Lumpur.

"Kami merasa bersatu malam ini," kata Abdul Aziz Hamzah, mahasiswa berusia 24 tahun seperti diwartakan kantor berita AFP.

"Mahathir merupakan sosok yang berpengalaman dan berwawasan luas. Sebab, dia pernah menempati jabatan ini sebelumnya," kata Abdul.

Pendapat yang sama juga disuarakan oleh Larson Michael. Dia mengaku sudah lama menunggu momentum pergantian pemerintahan.

Baca: 1 Ramadhan 1439 H Ditetapkan 17 Mei 2018 Menurut Muhammadiyah, Ini 95 Titik Pemantauan Hilal Kemenag

"Dia sudah kembali untuk menyelamatkan negara ini. Kini, kami ingin melihat apakah dia bisa memenuhi segala janjinya," kata pria 35 tahun tersebut.

Halaman
12
Editor: Murhan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved