Berita Banjarbaru

Rusmini Senang Dapat Sembako Murah di Bazar Murah Dinas Ketahanan Pangan

Berbagai bahan pokok dijual lebih murah dari harga pasaran di bazar. Mulai dari daging sapi, daging ayam, telur hingga sayuran segar.

Rusmini Senang Dapat Sembako Murah di Bazar Murah Dinas Ketahanan Pangan
HO/Dinas Ketahanan Pangan
Foto bersama jajaran Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel setelah mengadakan bazar murah di halaman Dinas Ketahanan Pangan, Kamis (15/11/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Mencegah terjadinya lonjakan harga komoditas pangan utama seperti daging ayam, telur dan bawang merah serta kebutuhan bahan pangan pokok lain saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel menggelar bazar murah di halaman Dinas Ketahanan Pangan, Kamis (15/11/2018)

Berbagai bahan pokok dijual lebih murah dari harga pasaran di bazar. Mulai dari daging sapi, daging ayam, telur hingga sayuran segar.

Sejak pagi hingga siang warga langsung menyerbu puluhan stand penjualan barang termasuk distributor. Tak ayal hingga jelang siang berbagai bahan pokok hampir habis terjual.

Salah satu pembeli, Rusmini. Ibu rumah tangga asal Jalan Gotong Royong ini mengatakan menyempatkan untuk datang ke sebelah kantor Dinas Ketahanan Pangan Kalsel untuk berbelanja.

Baca: Live Streaming RCTI & Jadwal Timnas Thailand vs Indonesia di Piala AFF 2018, Beto Khawatir!

Baca: Taman Geologi (Geopark) Kalsel Tinggal Tunggu SK Menko Maritim, Diusulkan Ada 36 Titik

"Sengaja saya tidak belanja ke pasar, belanjanya ke sini karena ada bazar murah, bawang murah, ayam murah, telur juga lebih murah," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Sebut Rusmini saat peringatan maulid berbagai kebutuhan pokok mulai mengalami kenaikan.
"Ada pedagang yang menaikkan harga ada juga yang masih bertahan, seperti bawang lebih murah disini, jadiding beli ke bazar murah," tambahnya.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel, H Suparno di Indonesia, harga pangan cenderung mengalami kenaikan sebelum hari besar keagamaan, terutama untuk daging ayam, telur dan bawang merah, dan kebutuhan pokok lainnya yang mencerminkan meningkatnya permintaan musiman. Oleh karena itu perlu pencegahan dengan dilakukan bazar murah. 

Fluktuasi harga memberi pengaruh terhadap ketahanan pangan dan gizi pada rumah tangga yang paling rentan yang membelanjakan sebagian besar pengeluaran mereka untuk pangan.

Baca: MARCUS/KEVIN MAIN! Link Live Streaming Hong Kong Open 2018, Kamis (15/11/2018)

Baca: Persib vs Persija di Final? Jadwal Barito Putera vs Persija di Semifinal Liga 1 U-19 2018 Digeser

Bazar murah sebutnya diadakan bertujuan untuk membantu masyarakat untuk memperoleh akses pangan dengan harga yang murah dan terjangkau dan paling tidak di bawah harga pasar. 

Saat ini kondisi di pasar terangnya ketersediaan pangan bahan pokok di pasar masih cukup untuk tiga bulan ke depan, begitupun dengan harga bahan pokok di pasaran juga masih stabil. Namun jika ketersediaan mencukupi tapi harha tidak terjangkau oleh masyarakat sebutnya juga akan percuma. 

Kegiatan bazar murah tersebut jelasnya konsumen utamanya adalah masyarakat kurang mampu. Penyedia bahan pangan untuk bazar dari distributor bahan pangan yang menjadi mitra Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel. 

Ia juga mengimbau agar para distributor setidaknya setahun dua kali mau tak mengambil keuntungan demi memberikan harga wajar ke masyarakat. 

"Setidaknya memberi harga dasarnya saja, agar konsumen mampu membeli dan distributor juga tidak rugi," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved