Berita Banjarbaru

Niat Majukan Ekonomi di Pesantren, IPI Kalsel Terus Gaet Bank Mandiri

Acara buka bersama Bank Mandiri dan IPI semakin mempererat kerjasama yang telah terjalin yaitu Agen Mandiri untuk Pondok Pesantren di Indonesia.

Niat Majukan Ekonomi di Pesantren, IPI Kalsel Terus Gaet Bank Mandiri
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Penyerahan santunan kepada anak yatim dalam buka puasa bersama Bank Mandiri dan Pesantren IPI Kalsel, Minggu (26/5/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Bank Mandiri dan Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) gelar acara buka bersama anak yatim di Banjarbaru.

Acara yang diselenggarakan di kantor perwakilan Ikatan Pesantren Indonesia wilayah Banjarmasin dan dihadiri oleh Area Head Bank Mandiri Banjarmasin Adhy Mulya, perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Pengurus Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Kalimantan Selatan dan karyawan PT Sinar Berlian Jaya Utama.

Dijelaskan Adhy Mulya, adanya acara buka bersama tersebut, Bank Mandiri dan IPI semakin mempererat kerjasama yang telah terjalin yaitu Agen Mandiri untuk Pondok Pesantren di seluruh Indonesia.

Menurutnya Agen Mandiri sendiri merupakan Layanan Keuangan Tanpa Kantor, dimana agen bertindak untuk dan atas nama Bank sehingga agen bertindak sebagai perwakilan Bank dengan benefit untuk agen sendiri adalah adanya kemudahan transaksi diantaranya pembukaan rekening, penyetoran  tunai ke rekening dan transaksi lainnya selayanya mesin ATM pada umumnya.

Baca: Safari Ramadhan Berakhir di Sungai Raya, Bupati HSS Sampaikan Terimakasih Kepada Masyarat

Dia berharap adanya kerjasama tersebut dapat memberi kemudahan akses keuangan untuk santri, masyarakat sekitar Pondok pesantren dan juga Pondok Pesantren itu sendiri sesuai dengan harapan dari Pemerintah untuk menumbuhkan Literasi dan Inklusi keuangan di Indonesia yang masih rendah.

Menurut Adhy Mulya, kegiatan bersama anak yatim piatu tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian Bank Mandiri sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara, kepada sesama saudara muslim yang menjalankan ibadah puasa.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian sosial kami kepada generasi muslim masa depan bangsa. Selain itu ini juga dalam rangka peningkatan Literasi perbankan di Ponpes. Apresiasi kami yang mendalam kepada masyarakat Kalimantan. Hal ini juga bagian dari keinginan kami sebagai BUMN untuk selalu hadir dan memberikan nilai tambah yang lebih baik bagi masyarakat dan Tanah Air,'' kata Adhy Mulya di Banjarbaru, Sabtu (25/5/2019). 

Baca: Bacaan Niat Itikaf di 10 Hari Terakhir Ramadhan 1440 H Lengkap Bahasa Arab dan Latin Serta Artinya

Sementara Ketua Harian Dewan Pengurus Ikatan Pesantren Indonesia Kalsel, KH Abdul Hamid Marzuki menambahkan keanggotaan IPI ini di Kalsel 235 pondok pesantren.

Buka puasa bersama Bank Mandiri area Banjarmasin dengan anak yatim, Minggu (2652019).
Buka puasa bersama Bank Mandiri area Banjarmasin dengan Pesantren IPI Kalsel dan anak yatim, Minggu (2652019). (banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Nah, pondok pesantren ini diarahkan untuk bisa membangun kekuatan ekonomi. "Dan modalnya bisa kita ambil dari Bank, termasuk kerjasama dengan Bank Mandiri ini," kata dia.

Adapun Ketua Umum Ikatan Pesantren Indonesia Kalsel, Mukeri Yunus menyebutkan kemitraan ini diharapkan terus dilangsungkan. "Kegiatan ini bukan hanya kurikulum pendidikannya saja, tapi IPI juga konsen untuk membicarakan soal perokonomiannya agar lebih mandiri. Bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Termasuk ketika berbagi dengan anak yatim piatu ini," kata dia. (banjarmasinpost.co.id /Lis). 

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved