Berita Banjarmasin

Wing Chun ''Ip Man'' Mulai Berkembang di Kalsel, Mau Gabung? Disini Tempat Perguruannya

Bagi penggemar film aktion Mandarin pasti pernah nonton film Ip Man. Saat menonton film yang dibintangi Donnie Yen tersebut, dapat melihat bahwa seni

Wing Chun ''Ip Man'' Mulai Berkembang di Kalsel, Mau Gabung? Disini Tempat Perguruannya
Reza untuk banjarmasinpost.co.id
Para penggemar Wing Chun di Banua membuka perguruan dengan nama Wing Chun Club Banjarmasin di Koramil TNI AD Banjarmasin Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bagi penggemar film aktion Mandarin pasti pernah nonton film Ip Man. Saat menonton film yang dibintangi Donnie Yen tersebut, dapat melihat bahwa seni beladiri asal Tiongkok bernama wing Chun ini tidak mengandalkan otot.

Namun lebih pada kecepatan, ketepatan dan chi yang kuat. Tak heran kalau demam wing chun sempat melanda para penggemar Ip Man yang penasaran mempelajari wing chun termasuk di Kota Banjarmasin.

Para penggemar Wing Chun di Banua membuka perguruan dengan nama Wing Chun Club Banjarmasin. Mereka berlatih dua kali setiap satu minggu di Koramil TNI AD Banjarmasin Selatan.

Kini kurang lebih ada 35 warga Banjarmasin yang tertarik dan bergabung dengan perguran itu.

Pelatih Wing Chun Club Banjarmasin,Reza Pariadi mengatakan meski satu aliran dengan wing Chun IP Man namun perguruannya ada sedikit perbedaan.

Baca: 1 + 1 = Berapa? Ternyata Tak Boleh Diajarkan Tanpa Media Ini, Kami Menyebutnya Calistung

Baca: Hantam Gundukan di Jalan Gubernur Subarjo, 2 Pengendara Tewas Masuk ke Kolong Truk Trailer

Baca: Rombak Total Galaxy S10, Samsung Patenkan Desain Ponsel Baru, untuk Galaxy S11?

"Kalau kami lineagenya bukan dari IP Man tapi dari gurunya IP Man, Can Wa Shun," ujar Ketua komonitas Wing chun Banjarmasin ini.

Jadi lanjut Reza joka aliran IP Man lwbih terfokus pada jurus 1-6, aliran darinua menggunakan hanya terfokus pada jurus semata.

"Kadang kita tidak paham fungsi dari pada foms tersebut," tambah dia.

Lalu sejak kapan mulai hadir di Banjarmasin, Reza menerangkan pada 21 April 2019 berdiri Studi club Wingchun Banjarmasin yang ide awal dari sebuah pemikiran yang sederhana ingin mengembangkan wing Chun di Banua.

"Wing chun kami berbeda dengan aliran wing chun yang lain karena wing chun Bannarmasin memiliki tahapan latihan yang berbeda dengan aliran Ip Man dari persepsi sampai ke idiologi dan jatuh ke pilosopi semuanya mengalir," jelas dia.

Halaman
123
Penulis: Khairil Rahim
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved