Berita Banjarbaru

Tiga Layanan Pajak Daerah Belum Operasi di Luar Jam Dinas, ini kata Dirlantas Polda Kalsel

Tiga layanan inovasi Pemprov Kalsel ini tidak beroperasi di Banjarmasin sejak dihentikan oleh petugas kepolisian pada 9 April lalu.

Tiga Layanan Pajak Daerah Belum Operasi di Luar Jam Dinas, ini kata Dirlantas Polda Kalsel
polres hsu
-Bakti Pelayanan Lalulintas Samsat Keliling dilaksanakan di Pasar Induk Amuntai (1) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Tiga layanan inovasi Pemprov Kalsel ini tidak beroperasi di Banjarmasin sejak dihentikan oleh petugas kepolisian pada 9 April lalu.

Tiga layanan itu yakni layanan samsat keliling (samkel), samsat corner, dan samsat drivethru. Sudah dua bulan berlalu masih belum jua beroperasi.

Warga pun bertanya tanya. "Kok Samsat Corner gak buka ya emangnya," tanya Erni ke Bpost.

Sebagaimana dijelaskan Kapolda Kalselz Irjen Polisi Yazid Fanani pada bulan April lalu, penutupan layanan samsat di luar jam dinas dikarenakan kekurangan personil yang sedang fokus mengamankan pemilihan umum (pemilu).

Menyusul keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) belum lama ini, dapat disimpulkan seluruh rangkaian pemilu berakhir.

Baca: Orangtua Calon Siswa Protes Karena Anaknya Tak Bisa Masuk Jalur Prestasi di SMAN 1 Banjarbaru

Disinggung soal ini, Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, Kombes Pol Muji Ediyanto menyebut perlu koordinasi lebih lanjut terkait peluncuran kembali layanan samsat di luar jam dinas.

Ia menyebut koordinasi diperlukan karena pelayanan samsat melibatkan beberapa instansi terkait.

Muji, berujar sebelum layanan samkel tersebut beroperasi kembali, akan menunggu hasil rapat tim pembina samsat provinsi.

"Karena bukan instansi Polri saja, maka perlu koordinasikan karena pelayanan samsat terdiri dari 3 instansi (dalam hal ini Lantas, Bakeuda, dan Jasa Raharja)," tulis Muji melalui WhatsApp.

Penutupan layanan samkel di UPPD Samsat Banjarmasin I dan II ini dilakukan secara mendadak pada malam hari.

Baca: Hasil PPDB SMA 2019 Diumumkan 5 Juli, Ratusan Calon Siswa di Banjarbaru Dipastikan Gugur

Kala itu Muji Edyanto menegaskan tidak ada yang salah dari kedai samsat bergerak (KSB) maupun Samkel, apalagi ada informasi menyebut mobil Samsat keliling itu diamankan polisi.

“Saya tegaskan bukan diamankan, tetapi pelayanan samsat keliling tutup dulu, karena anggota Polri yang mengawaki Samkel masih persiapan untuk pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 dalam rangka BKO ke jajaran,” ucap Muji.

Namun untuk diketahui, layanan samkel di luar Banjarmasin tetap beroperasi dan tidak ada penghentian layanan. Bahkan layanan semakin diperluas melalui peluncuran samsat corner di Q Mall Banjarbaru pada tanggal 1 Juli 2019. (banjarmasinpost.co.id/lis).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved