Berita Kotabaru

Ini Ancaman Kasat Lantas Cantik untuk Pelajar SD & SMP Kotabaru, Kepergok Naik Motor Langsung Tilang

Jajaran Satuan Lalu Lintas nampaknya sudah tak berikan tolerasi bagi pengendara anak dibawah umur yang masih sering ditemukan.

Ini Ancaman Kasat Lantas Cantik untuk Pelajar SD & SMP Kotabaru, Kepergok Naik Motor Langsung Tilang
Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat
Kasat Lantasnya AKP Polres Kotabaru Lendra Ambarsari SIK. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Jajaran Satuan Lalu Lintas nampaknya sudah tak berikan tolerasi bagi pengendara anak dibawah umur yang masih sering ditemukan.

Hal itu disebabkan, belakangan kecelakaan lalu lintas, sekitar 50 persen adalah anak dibawah umur. Sebab itu, jajaran Polda Kalimantan Selatan menerbitkan surat edaran yang ditandatangi langsung Kapolda Kalsel.

Surat edaran tersebut di antaranya, bagi pengendara terkhusus untuk pelajar SD dan SMP harus ditindak tegas berupa tilang. Bila ditemukan anak SD dan SMP yang mengendarai sepeda motor atau mobil di jalan raya, harus ditindak.

Hal ini diakui Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto MH SIK melalui Kasat Lantasnya AKP Lendra Ambarsari SIK, Jumat (16/8/19). Dia mengatakan sesuai surat tersebut, sudah ditindaklanjuti dengan melayangkan surat ke sekolah-sekolah yang ada di Kotabaru.

Baca: Jadwal Live Streaming Liga Inggris Pekan 2 di Mola TV & TVRI, Man City vs Tottenham, Chelsea & Man U

Baca: Curhat Ayu Ting Ting Disindir Ulang Tahun Putra Raffi Ahmad-Nagita Saat Foto Bersama Ruben Onsu

Baca: INGAT! Besok, Kendaraan Tempur TNI - Polri Ramaikan Kirab Merah Putih di 0 Kilometer Banjarmasin

"Kami lebih fokuskan ke pengendara SD dan SMP. Bila kedapatan, maka akan langsung ditindak tegas berupa tilang dan kendaraan diamankan serta orangtua yang akan dipanggil. Untuk pelajar SMA masih ada sedikit toleransi asal lengkap dan tidak melakukan pelanggaran yang mencolok " kata Akp Lendra.

Dia juga mengatakan, pihak sekolah juga tidak boleh menyediakan lahan parkir disekolah. Tindakan tersebut dilakukan untuk meminimlisir angka kecelakaan lalu lintas kalangan anak prlajar yang saat ini kebanyakan dari kalangan pelajar daro perbandingan tahun ke tahun.

"Saat ini kami sudah mulai melakukan operasi dan yang kedapatan akan langsung ditindak dan dilaporkan langsung ke Polda Kalsel, " katanya.

Menurut Lendra, sebentar lagi akan diadakan Operasi Patuh Intan 2019 yang akan dimulai pada 29 Agustus mendatang. Dari operasi tersebut, tidak ada ampun bagi pengendara anak dibawah umur apalagi yang dewasa.

Sesuai surat edaran itu, jajarannya akan melakukan dua sistem razia penertiban kendaraan bermotor yakni stationer dan hunting. Arti hunting, dilakukan dengan cara berkeliling dan apabila ada yang kelihatan langsung ditindak.

"Dengan adanya surat edaran tersebut, kami juga meminta agar para orangtua tidak memberikan anaknya berkendara sendiri dan lebih baik diantar demi keselamatannya sendiri, " katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved