Berita Jakarta

Tunjukkan Bukti Rekam Jejak Capim Bermasalah, KPK akan Undang Pansel Jumat

Namun, KPK tetap berinisiatif mengundang Pansel agar dapat mengetahui fakta dan datang pendukung terkait rekam jejak para capim KPK.

Tunjukkan Bukti Rekam Jejak Capim Bermasalah, KPK akan Undang Pansel Jumat
kompas.com
Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Sebanyak 20 calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lolos tahap profile asessment, masih ada nama-nama yang diduga bermasalah oleh Koalisi Kawal Calon Pimpinan KPK.

Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi berencana mengundang Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK untuk mendalami rekam jejak para capim KPK, Jumat (30/8/2019) lusa.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, KPK perlu mengundang Pansel Capim KPK untuk memperlihatkan bukti-bukti terkait informasi rekam jejak capim yang telah dikirim KPK ke Pansel. 

"Hari ini, KPK sudah sampaikan soft copy surat ke Sekretariat Panitia Seleksi sebagai undangan untuk melihat bukti-bukti yang ada terkait data rekam jejak yang disampaikan Jumat kemarin," kata Febri dalam keterangan tertulis, Rabu (28/8/2019).

Baca: Petisi Agar Jokowi Coret Capim KPK Bermasalah Terus Bertambah, Senin Pagi 1.793 Warganet Tandatangan

Baca: Janji Irjen Antam Novambar Jika Jadi Komisioner KPK, Hajar Oknum Polisi Senior Terlibat Korupsi

Febri menegaskan, data rekam jejak yang dikirim KPK kepada Pansel Capim KPK sebetulnya sudah didukung akta yang memadai dan memiliki nilai kebenaran.

Namun, KPK tetap berinisiatif mengundang Pansel agar dapat mengetahui fakta dan datang pendukung terkait rekam jejak para capim KPK.

"Hal ini perlu kami lakukan sebagai bentuk dukungan penuh pada proses seleksi pimpinan KPK agar menghasilkan orang-orang terbaik dan tidak bermasalah," ujar Febri.

Seperti diketahui, dari 20 calon yang lolos tahap profile asessment, masih ada nama-nama yang diduga bermasalah oleh Koalisi Kawal Calon Pimpinan KPK.

Masalah yang ditemukan antara lain ada calon yang diduga melanggar kode etik saat bertugas di lembaga sebelumnya dan figur yang diduga mengintimidasi pegawai KPK.

(Penulis Ardito Ramadhan/Kompas)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tunjukkan Bukti Rekam Jejak Capim, KPK Undang Pansel ", https://nasional.kompas.com/read/2019/08/28/21523421/tunjukkan-bukti-rekam-jejak-capim-kpk-undang-pansel.

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved