Berita Kesehatan

Inilah Panduan Makan Sehat untuk 9 Penyakit Mengerikan, dari Jantung hingga Diabetes

Pada zaman sekarang, semakin banyak penyakit yang dapat menyerang siapa saja, dan penyakit tersebut bersifat kronis sehingga dapat menyebabkan

Inilah Panduan Makan Sehat untuk 9 Penyakit Mengerikan, dari Jantung hingga Diabetes
Shutterstock
ilustrasi makanan sehat dengan nutrisi seimbang 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pada zaman sekarang, semakin banyak penyakit yang dapat menyerang siapa saja, dan penyakit tersebut bersifat kronis sehingga dapat menyebabkan kematian. Ada beberapa faktor risiko penyakit yang tidak bisa dihindari oleh kita semua, yaitu faktor usia dan keturunan (gen), tetapi ada juga faktor risiko seperti pola makan yang dapat kita atur.

Berikut adalah anjuran diet untuk mencegah dan menangani sembilan penyakit yang dikutip dari Mayo Clinic: Family Health Book terbitan Intisari.

1. Penyakit Jantung Koroner

Kolesterol darah yang tinggi dapat menyebabkan menumpuknya lemak (plak) di dalam arteri yang memberi makan jantung (arteri koroner). Akibatnya, terjadi penyempitan arteri dan risiko terkena serangan jantung atau strok pun meningkat.

Baca: Kisah Cinta Suami Nagita Slavina, Raffi Ahmad dengan Shireen Sungkar Diungkap Billy Syahputra

Baca: Teka Teki Hubungan Ayu Ting Ting dan Shaheer Sheikh oleh Bos ANTV Diungkap, Nasib Ivan Gunawan?

Baca: Solskjaer Dinilai Coreng Tradisi Manchester United karena Berlaga Minim Striker Haus Gol

Diet rendah lemak dan rendah kolesterol dapat mengurangi kadar kolesterol darah dan meminimalisir risiko penyakit jantung koroner. Diet yang disarankan adalah membatasi lemak jenuh hingga 10 persen dari total kalori Anda dan lemak total tidak melebihi 25 persen dari total kalori harian.

Makanan-makanan yang menyehatkan jantung dan dapat mengurangi kolesterol darah adalah makanan beserat tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan; ikan, terutama ikan salmon, makarel, dan herring; dan produk kedelai, seperti tempe, tahu, miso, susu kedelai, dan tepung kedelai.

2. Tekanan Darah Tinggi

Jika tekanan darah tinggi dibiarkan, penyakit ini dapat merusak arteri dan meningkatkan risiko terjadinya strok dan penyakit jantung. Membatasi garam dan alkohol serta mempertahankan berat badan yang ideal dapat mencegah atau membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Diet yang disarankan untuk penyakit ini adalah diet yang mengacu pada panduan Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH).

Diet DASH membatasi kadar sodium (kadar garam) dalam makanan Anda hingga 2.000 mg sehari. Diet DASH ini mengacu pada kebiasaan orang Amerika yang mengonsumsi sodium hingga dua atau tiga kali lipat batas yang disarankan.

Halaman
1234
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved