Kisah Sosok Penting di Dapur MFC

Akhmad Redhaian Fisioterapis Juga Tukang Urut Tim Martapura FC, Bahagia Bila Pemain Sembuh Cedera

Selain menangani pemain cedera, fisioterapis juga memberi masukan kepada pelatih mengenai situasi dan kondisi dari seorang pemain.

Akhmad Redhaian Fisioterapis Juga Tukang Urut Tim Martapura FC, Bahagia Bila Pemain Sembuh Cedera
Istimewa/mFC
Akhmad Redhaian Fisioterapi Tim Martapura FC 

BANJARMASINPOST.CO.ID , BANJARMASIN - Saat pertandingan sepakbola berlangsung ada beberapa orang-orang yang ada di bangku cadangan pemain sepakbola. Tapi ada seseorang yang berada di sana bukan untuk bermain sepakbola.

Dia juga bukan manajer, pelatih dan pemain cadangan melainkan Fisioterapis tim.

Di Martapura FC tugas ini dipercayakan pada Akhmad Redhaian, SST atau akrab disapa Dayan.

Dayan mengaku liga 1 2019 ini adalah musim pertama di tim Laskar Sultan Adam. Dia diajak bergabung di tim Martapura gas bujukan manajer tim saat itu H Salman.

Selain menangani pemain cedera, fisioterapis juga memberi masukan kepada pelatih mengenai situasi dan kondisi dari seorang pemain.

"Jadi sukanya dipekerjaan ini adalah sangat bahagia jika pemain bisa tampil maksil saat sembuh dari cedera," kata alumni Diploma IV Fisioterapi Poltekkes Surakarta ini.

Suka lainnya jadi fisioterapis tim kata dia saat main di luar kandang dia bisa ke tempat tempat berbeda sehingga menambah pengalaman perjalanan hidupnya.

Baca: Wahyudin Noor Bang Udin Tim Perlengkapan Martapura FC Tetap Loyal Meski Dilirik Tim Liga 1

Baca: Kisah Peran Penting Sosok Pembantu Tim di Belakang Dapur Martapura FC Berlaga di Liga 2 2019

Lalu apa saja tugasnya Dayan menerangkan Fisioterapi artinya perawatan tubuh atau fisik.

Jadi tugasnya mulai dari membuat program-program latihan untuk atlet yang cedera, membuat penilaian terhadap cedera-cedera yang terjadi, membuat program latihan spesifik yang sesuai dengan jenis olahraga, atau memberi nasehat mengenai makanan yang konsumsi.

Tapi, jelas dia satu hal yang penting diingat pijat/urut/massage bukan merupakan bagian, atau tugas, dari seorang fisioterapis. Urut tentu saja sangat penting buat seorang atlet, karena otot yang pegal dan capai harus dilemaskan lagi.

"Hanya saja, urut dilakukan terhadap pemain yang sedang tidak cedera. Urut pun dilakukan oleh seorang masseur yang juga memiliki sertifikat," pungkas dia.

Malah, pijat pada bagian yang cedera bisa memperlambat kesembuhan dan memperparah cedera. Hal ini lah yang jadi prinsip dasar yang harus diketahui seorang fisioterapis ketika menjalankan tugasnya. (Banjarmasinpost/Khairil rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved