Berita Balangan

Cegah Karhutla, Polres Balangan Ajak Dinas Pertanian Balangan terlibat

Menyikapi Karhutla, Polres Balangan melakukan langkah awal mengajak Dinas Pertanian Balangan untuk melakukan kegiatan pencegahan bersama.

Cegah Karhutla, Polres Balangan Ajak Dinas Pertanian Balangan terlibat
Dari Humas Polres Balangan untuk BPost
Pertemuan Kabag Ops Polres Balangan, AKP Indra Yuana dengan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Balangan, Amirul 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Menyikapi kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kian marak terjadi, Polres Balangan melakukan langkah awal mengajak instansi lainnya untuk melakukan kegiatan pencegahan bersama.

Hal itu disampaikan Kabag Ops Polres Balangan AKP Indra Yuana, mewakili Kapolres Balangan, saat rapat koordinasi dengan Kepala Bidang Perkebunan, Amirul, Senin (16/9/2019).

Dalam kesempatan tersebut, AKP Indra Yuana mengharapkan peran serta Dinas Pertanian untuk meminimalisir terjadinya tindak Karhutla. Selain itu memikirkan bersama langkah apa yang dilakukan dinas terkait agar masyarakat tidak membakar lahan dalam upaya membuka lahan untuk perkebunan.

Hal tersebut mendapatkan tanggapan langsung dari Kepala Dinas Pertanian. Ia mengatakan untuk ke depan akan berupaya mengadakan sosialisasi untuk masyarakat, agar tidak membuka lahan.

Selain itu juga berupaya menciptakan bahan-bahan kimia agar mempercepat pelapukan pada pohon maupun daun yang ditebang masyarakat.

Baca: SESAAT LAGI! Link Live Streaming Inter Milan vs Slavia di Liga Champion, Siaran Langsung SCTV

Baca: Jalan Santai Dies Natalis ULM Bertabur Hadiah, Siapkan Door PrizeTiga Paket Umroh

Baca: Ekspor Daun Gelinggang ke Jepang Capai 115,6 Ton, Kepala Badan Karantina Pertanian Harapkan Ini

Baca: Wasiat Terakhir BJ Habibie Akhirnya Dibocorkan Sang Putra, Bukan Soal Pesawat Ataupun Ainun Habibie

Baca: Pembangunan Jembatan Penghubung Kotabaru Dilanjutkan, Tanahbumbu Akan Libatkan CSR PT SILO

"Kami akan lakukan sosialisasi serta menciptakan bahan kimia untuk mempercepat pelapukan pohon maupun daun yang akan ditebang oleh masyarakat," ucap Amirul.

Tidak lupa hasil dari pelapukan tersebut merupakan pupuk yang baik untuk tanaman. sehingga masyarakat tidak perlu membakar saat hendak membuka lahan.

Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni, kata Indra Yuana mengharap upaya dari dinas pertanian tersebut dapat segera terealisasi.

"Ke depan kita akan lakukan kegiatan-kegiatan pencegahan bersama dengan dinas terkait. Agar masyarakat bisa mengerti tentang tata cara membuka lahan dengan cara tidak membakar," tegas Kabag Ops. (Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved