Berita Balangan

21 Unit Laptop di SMPN 1 Lampihong Lenyap, Disdik Berikan Alternatif Pembelajaran Hingga UNBK 2020

Hilangnya 21 unit laptop di SMPN 1 Lampihong yang diketahui pada Sabtu (14/9/2019) kemaren, membuat sekolah mengalami kerugian rupiah senilai kurang

21 Unit Laptop di SMPN 1 Lampihong Lenyap, Disdik Berikan Alternatif Pembelajaran Hingga UNBK 2020
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Kepala Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Balangan, Rafiul Amal. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Hilangnya 21 unit laptop di SMPN 1 Lampihong yang diketahui pada Sabtu (14/9/2019) kemaren, membuat sekolah mengalami kerugian rupiah senilai kurang lebih Rp 150.000.000.

Kehilangan tersebut nampak sangat disayangkan oleh Kabid Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan, Kabupaten Balangan, Rafiul Amal.

Kepada banjarmasinpost.co.id, Kamis (19/9/2019), Rafiul menerangkan perihal dugaan pencurian yang terjadi di SMPN 1 Lampihong tersebut.

Ia menjelaskan, kemungkinan ruang atau lab komputer yang digunakan sekolah telah dibobol oleh pencuri.

Hal itu terlihat dari ruangan yang mengalami kerusakan pada bagian tralis jendela. Serta adanya kerusakan pada ventilasi ruang penyimpanan laptop.

Baca: Bocoran Formasi Guru & Tenaga Kesehatan Jelang Seleksi CPNS 2019, Cek juga Situs sscasn.bkn.go.id

Baca: Cut Meyriska & Roger Danuarta Bicara Kehamilan Pasca Sebulan Menikah, Teman Marcella Simon Ucap Ini

Baca: Soal Kementrian LH Segel Lahan Perusahaan, Walhi: Jangan-jangan Hanya Demi Memuaskan Jokowi?

"Jadi laptop itu disimpan oleh pihak sekolah dalam ruangan yang di dalamnya ada ruangan lagi. Biasanya ruangan besar digunakan untuk aktivitas belajar siswa saat pembelajaran komputer, simulasi UNBK dan pelaskanaan UNBK. Kemudian ada satu ruangan kecil sebagai penyimpanan dalam ruang yang sama," ucap Rafiul.

Karena kasus pembobolan itu pula, SMPN 1 Lampihong pun kehilangan alat untuk pelaskanaan UNBK pada 2020 mendatang. Sementara untuk proses belajar mengajar jelas Rafiul masih tidak begitu terhambat.

21 unit komputer yang hilang diketahui merupakan bantuan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan untuk pelaskanaan UNBK 2018 kemaren.

Semua unit ujar Rafiul dianggarkan dalam APBD tahun 2018, sehingga bisa dibagikan ke tiga sekolah. Satu di antaranya merupakan SMPN 1 Lampihong.

Perihal pergantian laptop yang hilang tersebut, Rafiul mengatakan, untuk tahun 2019 ini sudah tidak mungkin dianggarkan.

Halaman
12
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved