Bumi Sanggam

Bupati Ansharudin Resmikan Dimulainya Bedah Rumah Zailani, Dinsos Ungkap Bedah 31 Rumah Reyot

Bupati Balangan H Ansharudin memulai pekerjaan pembangunan rumah Zailani melalui program bedah rumah. Terdapat 31 rumah tidak layak huni yang direhab

Bupati Ansharudin Resmikan Dimulainya Bedah Rumah Zailani,  Dinsos Ungkap Bedah 31 Rumah Reyot
Dinas Kiminfo Balangan
Bupati Balangan H Ansharudin memulai program bedah rumah yang ditempati Zailani bersama istri dan tiga anaknya 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Harapan Zailani untuk bisa menempati sebuah rumah layak huni akhirnya kesampaian.

Rumah warga Desa Uren, Kecamatan Halong, Rumah milik Zailani ini termasuk dalam program rehab rumah yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial.

Pekerjaan pembangunan rumah yang ditinggali Zailani bersama istri dan 3 orang anaknya itu pun, terlihat mulai dikerjakan.  Bahkan, Bupati Balangan H Ansharuddin menaruh perhatian khusus proses bedah rumah dengan turun langsung memulai pengerjaan pembangunan rumah Zailani.

Zailani merupakan kepala keluarga yang memimpin tiga orang anak dan satu orang isteri ini, menggantungkan hidup dari berkebun dan membantu warga di sekitar desanya.

Melalui penghidupan yang pas-pasan, dirinya tak mampu memperbaiki rumah tempat tinggal mereka, serta perekonomian mereka.

Kepala Dinas Sosial Balangan, H Ribowo, Kamis (3/10/2019) kemaren mengatakan, penetapan rumah Zailani ini untuk direhab sudah mencupi persyaratan yang ditetapkan. Seperti kelayakan rumah, kepemilikan tanah dan lainnya. Itu sudah memenuhi persyaratan.

"Rumahnya memang sudah tidak layak huni, dan kepemilikan tanah, memang milik Zailani sendiri. Jadi program ini bisa dilaksanakan," jelasnya.

Dikatakan Ribowo, untuk tahun 2019 ini pihaknya akan memberi bantuan perbaikan rumah tidak layak huni atau rehab rumah sebanyak 31 unit. Program ini merupakan program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH).

"Untuk biaya yakni melalui APBD Kabupaten Balangan, APBD Provinsi Kalimantan Selatan, serta anggaran APBN Pusat," bebernya.

Sedangkan untuk pemanfaatan dana tersebut, iti untuk belanja bahan bangunan, tidak termasuk upah tukang didalamnya. Melainkan pengerjaan rehab rumah ini dilaksanakan secara gotong royong bersama warga bersama aparat desa.

"Total yang akan diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berbeda-beda. Dana yang berasal dari APBD Kabupaten Balangan, masing-masing sebesar Rp 21 juta, dari dana APBD Provinsi Kalsel serta APBN Pusat masing-masing Rp15 juta," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansharuddin mgucapkan terima kasih kepada masyarakat desa Uren yang bergotong royong membantu pelaksanaan rehab rumah milik Zailani.

Melalui kegiatan rehab rumah ini, terlihat jalinan silaturahmi, kegotong royongan, dan persaudaraan sesama warga sangat tinggi. Ini yang patut kita apresiasi dan pertahankan, supaya gotong royong tidak akan pudar di Bumi Sanggam.

"Kompak sekali warga disini, para laki-lakinya kerja merehab rumah, ibu-ibunya mengurus konsumsi atau membuatkan makan siang," ujarnya.

Dirinya berharap, keluarga Pa Zailani ini bisa menikmati rumah yang nanti selesai rirehab bersama-sama. Semoga program ini dapat meningkatkan kualitas kesejahteraan keluarga Zailani, dan tingkat sosialnya.(aol)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved