KalselPedia

KalselPedia - Profil CISC Cabang Kalsel, Sediakan Rumah Singgah yang Ramah

CANCER Information Support Center (CISC) Cabang Kalimantan Selatan adalah organisasi sosial, turunan dari CICS pusat

KalselPedia - Profil CISC Cabang Kalsel, Sediakan Rumah Singgah yang Ramah
Rumah Singgah CISC Kalsel
PELANTIKAN sekaligus peresmian CISC Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID - CANCER Information Support Center (CISC) Cabang Kalimantan Selatan adalah organisasi sosial, turunan dari CICS pusat yang berkedudukan di Jakarta. Lembaga ini bergerak pada advokasi bagi para penyandang penyakit kanker dari keluarga kurang mampu.

Sebelumnya, di Kalsel bentuknya hanya berupa gabungan survivor di Kalimantan yang bernama CISC Borneo. Ini adalah komunitas informal yang meliputi survivor dan relawan yang berdomisili di Kalimantan Selatan.

Pada 18 Februari 2018 mereka bersepakat membentuk komunitas baru dan kepengurusannya dengan bernama CISC Cabang Kalimantan Selatan. Dari rapat trersebut disepakati kepengurusan CISC Kalsel yang saat ini diketuai Ir Rusliansyah MSc.

Baca: KalselPedia-Sanggar Idaman Banjarbaru Promosikan Wisata Kampung Purun Lewat Tarian

Keberadaan CISC Kalsel sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, terutama mereka kalangam wara miskin yang mengidap penyakit kanker. Cukup banyak klien yang telah meraka bantu, baik menyediakan Rumah Singgah yang beralamat di kawasan Jalan A Yani Km 5,7 Banjarmasin maupun pendampingan pengobatan di rumah sakit.

KLIK Alamat CISC Kalsel di SINI

Antara lain pasien kanker yang saat ini masih mereka dampingi yakni Sanah (47), warga RT 03 Desa Simpangwarga, Kecamatan Aluhaluh, Kabupaten Banjar. Ibu dua anak pengidap kanker payudara kiri kronis ini baru baru saja menjalani operasi mastektomi.

Sejarah terbentuknya CISC berawal dari pembicaraan beberapa orang penderita berbagai jenis kanker, terlontar pemikiran untuk membentuk wadah yang dapat memberikan manfaat bagi 'masyarakat kanker.' Terutama dalam pemberian informasi yang benar dan dukungan psikis dan sosial.

Warga pengidap kanker menginap di Rumah Singgah CISC Kalsel di kawasan Jalan A Yani Km 5,7 Banjarmasin.
Warga pengidap kanker menginap di Rumah Singgah CISC Kalsel di kawasan Jalan A Yani Km 5,7 Banjarmasin. (Rumah Singgah CISC Kalsel)

Ide diolah dan diendapkan lagi dengan membentuk jaringan lebih luas dengan melibatkan beberapa dokter yang berkecimpung di bidang kanker, dan mereka yang peduli kanker. Pada April 2003 dalam suasana rapat sederhana, CISC dibentuk.

CISC yang selalu dinamis dan tidak akan pernah melupakan jejak dan kiprah pendahulunya, serta terus membuka diri untuk menerima siapa saja dan berupaya menjadikannya second home bagi orang-orang yang membutuhkan.

Baca: KalselPedia: Tokoh-tokoh Sejarah di Kalsel dari Berbagai Bidang

Keluarga besar CISC meyakini semua anggota memberikan andil bagi tetap berdenyutnya kegiatan pelayanan CISC. Karenanya, tak pernah terlupa bahwa CISC adalah milik semua orang yang bernaung di dalamnya. (http://cancerclubcisc.wordpress.com/)

ANJANGSANA ke rumah pengidap kanker
ANJANGSANA ke rumah pengidap kanker (Rumah Singgah CISC Kalsel)
Halaman
1234
Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved