Berita Banjarmasin

Pemprov Turun Tangan Bebaskan Jalan Trans Kalimantan di Handil Bhakti, Dana Rp 15 Miliar disiapkan

Program Balai Jalan Nasional untuk membuat jalan trans Kalimantan di Handil Bakti Batola menjadikan empat lajur tidaklah mudah.

Pemprov Turun Tangan Bebaskan Jalan Trans Kalimantan di Handil Bhakti, Dana Rp 15 Miliar disiapkan
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
PELAKSANAAN pelebaran Jalan Trans Kalimantan, Handil Bakti Kecamatan Alalak, Kabupaten Batola oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XI. Sebanyak 50 tiang listrik lebih masih berada di tengah jalan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Program Balai Jalan Nasional untuk membuat jalan trans Kalimantan di Handil Bakti Batola menjadikan empat lajur tidaklah mudah.

Selain aspek Utilitas yang belum clear, ternyata juga ada persoalan pembahasan lahan. Nah untuk persoalan ini ditangani oleh Pemerintah Daerah setempat.

Namun karena Pemkab Batola kekurangan anggaran sehingga Pemprov Kalsel diminta turun untuk mendanai pembebasan lahan tersebut.

Pemprov Kalsel atas atensi Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, turun tangan, dengan mengurus PUPR mengurusinya.

Hasilnya, PUPR siap menggelotorkan dana sebesar Rp 15 miliar dan sudah disiapkan.

"Ya sudah ada alokasi ya Rp 15 Miliar, pada tahun ini pelaksanaan pembebasan lahan bisa digarap dengan catatan kelengkapan administrasi terpenuhi," tandas.

Sistem Kelistrikan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah Pulih 100 Persen

Video Lantai Teras SD Sei Limau Kotabaru Ambles, Siswa Belajar di Rumah Dinas dan Perpustakaan

Balas Dendam Inul Daratista pada Ruben Onsu Lewat Betrand Peto, Imbas Suami Sarwendah Begini

Akhirnya Aurel Minta Restu Ashanty & Anang Hermansyah untuk Menikah, Putri Krisdayanti dengan Atta?

Kepala Dinas Pekerkaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, Roy Rizali Anwar, melalui Kabid Penataan Ruang dan Pertanahan, Muhammad Nursjamsi, Senin (20/1/2020),

Nursjamsi menerangkan, berdasarkan kesepakatan antaran pihaknya dengan Pemkab Batola dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XI Banjarmasin, Pemprov Kalsel dibebankan membebaskan lahan untuk segmen satu dan segmen dua.

Ruas segmen satu dari turunan Jembatan Sei Alalak sampai Jembatan Sei Berangas, sedangkan segmen dua ruas dari Pawon Telogo sampai Simpang Serapat.

"Pemprov turun tangan karena untuk menyokong strategis nasional. Dari rapat sebelumnya, Tanggung jawab kami segmen satu dan tiga, segmen 2 dan 4 tanggung jawab pemkab," ujar Nursjamsi.

Sesuai perencanaan ruas sepanjang 5 kilometer dari Jembatan Sei Alalak sampai Simpang Serapat tersebut dijadikan empat lajur, namun alotnya pembebasan lahan maupun utilitas membuat proses pengerjaan bertahap.

Tahun 2018 lalu dari 500 meter jalan yang dilebarkan tersisa beberapa meter yang tidak bisa dikerjakan karena terkendala lahan. Pada tahun 2019 dialokasikan anggaran peningkatan dua jembatan dan pelebaran 2,5 kilometer jalan, namun khusus jalan juga masih terdapat kendala lahan dan faktor utilitas.

Pada tahun ini BBPJN Wilayah XI Banjarmasin, kembali mengalokasikan dana untuk melanjutkan pelebaran jalan sepanjang 2 kilometer dan peningkatan empat jembatan. BBPJN meminta bantuan Pemprov Kalsel dan Pemkab Batola agar permasalahan lahan dan utilitas bisa terselesaikan.

Harta Warisan Mantan Istri Sule Lina Diserahkan Teddy, Dokumen Ini Diberikan ke Adik Rizky Febian

VIRAL di Medsos, Cuma Guru Geografi, Pria Ini Berani Nikahi Artis Terkenal, Ini Ucapan Haru Si Artis

Serangan Nyamuk Munculkan 10 Kasus Demam Berdarah Dangue di Kabupaten Balangan Kalsel

Sebelumnya, Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah Kalsel I (Satker PJN), Budianto, menjelaskan saat ini pihaknya tengah berkordinasi dengan Pemprov Kalsel dan Pemkab Batola untuk memulai pekerjaan dengan pagu Rp50 miliar.

Program akan dimulai dari turunan Jembatan Sei Alalak hingga persimpangan Simpang Serapat. Targetnya hingga simpang empat serapat menjadi empat lajur. (banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved