Berita Banjarbaru

Wartawan Pun Bisa Jadi Usahawan, Puluhan Jurnalis Dibekali Kewirausahaan di PLUT Banjarbaru

Panitia HPN 2020 bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mengadakan Pelatihan Kewirausahaan Wartawan Rumah Kreatif BUMN Tahun 2020

Wartawan Pun Bisa Jadi Usahawan, Puluhan Jurnalis Dibekali Kewirausahaan di PLUT Banjarbaru
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Suasana Pelatihan Kewirausahaan untuk wartawan di PLUT Banjarbaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU -Dalam Rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Panitia HPN 2020 bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mengadakan Pelatihan Kewirausahaan Wartawan Rumah Kreatif BUMN Tahun 2020 di PLUT KUMKM dan RKB Jalan Trikora 9 Banjarbaru, Kamis (6/2/2020).

Dalam acara yang hadir puluhan perwakilan jurnalis di Indonesia tersebut dibuka oleh Asisten II bidang Perekonomian Pembangunan dan kesejahteraan Rakyat Hj Puspa Kencana, mewakili Wali Kota Banjarbaru.

"Kami mengucap apresiasi dan terimakasih atas terselenggara acara ini. Kegiatan ini merupakan wujud nyata rekan BNI dan wartawan. Dimana dengan latihan ini dapat membangun spirit kewirausahaan bagi para jurnalis," kata dia.

Diterangkan Puspa Kencana, Wirausaha adalah orang yang mampu melihat dan memanfaatkan peluang bisnis. Dimana mempunyai sifat dan watak kemaunan nyata dalam rangka meraih sukses bidang bisnis dari keratifitas yang dihasilkan.

Ada Skate Park Standar Internasional di Taman Pintar Banjarbaru

Tembakan Dilepaskan, Pemabuk Bawa Pisau dan Parang yang Mengamuk di Kotabaru Ini Dapat Diringkus

Keanehan Gaya Berjalan Adik Ruben Onsu Saat Pemeriksaan Kasus Pesugihan, Om Betrand Peto Ungkap Ini

Pabrik Uang Teddy, Suami Lina Bikin Hotman Paris Takjub, Setara dengan Sule si Ayah Rizky Febian?

"Nah, Jurnalis bisa saja menjadi wirausaha dengan membuka lapangan kerja. Tinggal Keberanian dan ide kreatif untuk membangunnya saja lagi," kata dia.

Dalam acara itu, hadir pula Untung Rahmat Basuki menjadi salah satu petugas operasional di Kantor Cabang Banjarbaru – BNI Wilayah Banjarmasin, Bersama Pimpinan Cabang BNI Banjarbaru, M Subairi.

"Kami dari BNI, bisa memfasilitasi bagi wiraswastawan baru, dan kami menjagak jurnalis juga muncul dan mengembakan wirausaha," tandas Rahmat Basuki.

Dalam kesempatan itu, Koordinator (Pengelola) PLUT Kota Banjarbaru Rizla Syahrianoor, juga memberikan dua model pelaku usaha UMKM di Banjarbaru yang dibilang sudah sukses.

Termasuk cokelat pasak bumi yang digarap Boby, dan Pengrajin Sasirangan Bordir.

"Selama berdiri 2014 hingga sekarang Pelaku Usaha yang disetuh pembinaan ada sebanyak 913. namun yang berhasil 30 persen. Sementara 70 persen Pelaku Usaha sudah pindah dan sudah dapat kerja perusahaan lain," tandasnya.

Dijelaskan Rizla Syahrianoor, ada dua kategori yang paling banyak di Banjarbaru yang tergolong banyak.

"Paling banyak beroperasi di bidang, Kuliner kemudian disusul craft atau kerajinan," urainya tanoa menjelaskan jumlahnya.

Ucapan Pacar Chef Renatta yang Bikin Rekan Chef Juna & Chef Arnold Ingin Lempar Sendal

Perpisahan Roger Danuarta & Cut Meyriska yang Sedang Hamil, Icha Sedih Tak Dampingi Umrah Suami

Ganjilnya Bau Badan Nia Ramadhani Dibongkar Sosok Ini, Istri Ardi Bakrie Buat Jessica Iskandar Kaget

Selama ini, sambungnya, kendala untuk pelaku kuliner yakni masih belum paham betul soal segmentasi pasar. Sentara di bidang kerajinan belum mengolah yang sesuai dengan keinginan konsumen.

"Rencana 2020, akan ada lagi pelatihan digita power, untuk membentuk pelaku usaha sekaligus yang bisa paham digital," kata dia. (banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved