Kaltengpedia

Kaltengpedia: Masjid Darul Muttaqin di Kualakapuas

Masjid Darul Muttaqin di Jalan A Yani Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kaltengpedia: Masjid Darul Muttaqin di Kualakapuas
BANJARMASINPOST.CO.ID/FADLY SETIA RAHMAN
Masjid Darul Muttaqin di Jalan A Yani Kota Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, Kaltengpedia - Masjid Darul Muttaqin di Jalan A Yani Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dikenal luas sebagai masjid biru yang merupakan salah satu ikon bagi Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas.

Indah dan megahnya bangunan mencerminkan keindahan dan kebesaran Islam yang membawa kesejukan bagi siapa pun yang berada di dalamnya.

Bahkan tidak jarang masjid biru menjadi saksi peristiwa akad nikah bagi jemaah di wilayah Kabupaten Kapuas, sehingga masjid ini dikenal juga sebagai masjid jodoh.

Kaltengpedia: Sejarah Berdirinya MA Darussalam Catur Kabupaten Kapuas

Kaltengpedia: Kuliner Bundaran Besar Palangkaraya, Waktu Jualan Pedagang Kaki Lima Dibatasi

Berikut sejarah pembangunan masjid ini sebagaimana dilansir dari website Sistem Informasi Masjid Kemenag RI.

Bangunan masjid bermula dari bangunan langgar/musala yang diprakarsai oleh Bapak H Soeparno, seorang tokoh masyarakat setempat purnawirawan TNI-AD sekitar tahun 1974.

Melihat letaknya yang sangat strategis berada di tengah kota pada perempatan jalan protokol Ahmad Yani, jalan DI Panjaitan dan Jalan Teratai, sehingga makin hari makin tidak mampu menampung jamaah untuk salat di langgar tersebut.

Maka sekitar tahun 1983 atas kesepakatan warga dan jamaah (kemudian menjadi donator) bangunan langgar/musala tersebut diperbesar dan diubah menjadi bangunan masjid meskipun struktur bangunannya belum permanen.

Kemudian pada tahun 1992, mengingat semakin banyaknya kapasitas jamaah yang salat di Masjid Darul Muttaqin memaksa ta’mir dibantu warga sekitar meningkatkan struktur bangunan menjadi semi permanen.

Seiring berjalan waktu, melihat potensi letak yang strategis di depan jalan protokol dan diperempatan lampu merah, maka atas prakarsa dan keinginan Bupati Kapuas pada masa itu Bapak H Burhanuddin Ali bangunan Masjid Darul Muttaqin direhabilitasi total menjadi kondisi bangunan masjid sebagaimana kondisi sekarangi ini.

Meski masjid tersebut belum selesai sepenuhnya, namun Masjid Darul Muttaqin diresmikan pemakaiannya dengan mengambil momentum Hari Ulang Tahun ke-200 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kabupaten Kapuas yang ke-46, menjelang berakhirnya masa jabatan Bupati Kapuas Ir H Burhanuddin Ali pada tanggal 21 Maret 2016.

(banjarmasinpost.co.id/ady)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved