Haul Guru Sekumpul 2020

Haul ke-15 Guru Sekumpul Digelar Mahasiswa Kalimantan di Mesir, Dihadiri Banyak Orang

Haul ke-15 Abah Guru Digelar Mahasiswa Kalimantan di Mesir, Dihadiri Banyak Orang

Muhammad Adam Rosady untuk banjarmasinpost.co.id
Suasana haul ke-15 Guru Sekumpul di Kairo, Mesir pada Sabtu (14/3/2020) digelar oleh Kekeluargaan Mahasiswa Kalimantan Mesir (KMKM). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Semangat untuk melaksakan Haul Abah Guru tidak hanya digelar di Sekumpul Martapura atau di wilayah Kalimantan saja, tapi juga dilaksanakan di Kairo, Mesir.

Pada Sabtu (14/3/2020) digelar oleh Kekeluargaan Mahasiswa Kalimantan Mesir(KMKM)sebagai Organisasi Pelajar Mahasiswa Kalimantan yang ada di Mesir,menggelar Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul.

Kali ini,Haul Guru Sekumpul dilaksanakan di Aula Daha KMJ St. Ismail Morshed, District 9, Nasr City, Kairo.

Acara dimulai dari pukul16.30 Clt dibuka dengan khataman Alquran, setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan maulid simtud ad-Durar diiring dengan syair-syair khas Sekumpul dan tak ketinggalan pula syair lantunan mengenang Abah Guru Sekumpul.

BREAKING NEWS: Mulai Besok SD, SMP & PAUD di Banjarmasin Diliburkan, Antisipasi Virus Corona

VIDEO Pasca-Haul Guru Sekumpul DLH Kabupaten Banjar Gelar Syukuran, Ada Relawan Australia Hadir

Haul ke-15 Guru Sekumpul di Kairo, Mesir pada tahun2020 ini dihadiri oleh banyak orang, tidak hanya dari mahasiswa yang berasal dari Kalimantan.
Haul ke-15 Guru Sekumpul di Kairo, Mesir pada tahun2020 ini dihadiri oleh banyak orang, tidak hanya dari mahasiswa yang berasal dari Kalimantan. (Muhammad Adam Rosady untuk Banjarmasinpost.co.id)

Haul ke-15 pada tahun ini dihadiri oleh banyak orang, tidak hanya dari mahasiswa yang berasal dari Kalimantan saja, tapi juga dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai daerah yang sekarang sedang melakukan studi di Mesir.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sedikit manakib Abah Guru Sekumpul yang dibacakan oleh Misbahul Munir Hasyimi, salah satu alumni Pondok Pesantren Darusalam Martapura yang sekarang belajar di Al-Azhar Kairo.

"Kami mempersiapkan acara untuk malam hari ini sudah jauh-jauh hari, walaupun wabah virus Corona dan badai besar kemarin menimpa Mesir, tapi acara tetap berjalan dengan khidmat," ucap Khairil Habibi selaku ketua panitia Haul ke-15 di Mesir.

Padahal,baru saja kemarin Mesir dilanda badai sampai mengakibatkan banjir besar di seluruh daerahnegeri itu.

Belum lagi masalah virus Corona yang terus menyebar, apalagi 2 jam sebelum kegiatan berlangsung malam itu Presiden Mesir; Abdul Fattah as-Sisi mengumumkan secara resmi untuk menghentikan segala jenis kegiatan pendidikan selama 2 minggu dan menyuruh sebisa mungkin untuk tidak menghadiri aktivitas perkumpulan bersama orang banyak guna mencegah penyebaran virus Corona.

"Kalau bukan karena cinta, tidak mungkin mereka bisa hadir Haul ke-15 malam ini" tegas Khairil Habibi sekali lagi.

Haul Guru Sekumpul dilaksanakan di Aula Daha KMJ St. Ismail Morshed, District 9, Nasr City, Kairo.
Haul Guru Sekumpul dilaksanakan di Aula Daha KMJ St. Ismail Morshed, District 9, Nasr City, Kairo. (muhammad adam rosady)

Haul ke-15 Guru Sekumpul, di Mesir ini juga tidak hanya berhasil memikat kehadiran orang Kalimantan, tapi juga dihadiri oleh orang luar Kalimantan.

Mereka mengenal sosok Abah Guru dari berbagai sumber.

Seperti yang diungkapkan oleh Imam Mustofa mahasiswa asal Madura.

"Dulu mengenal sosok KH. Zaini Abdul Ghani lewat guru kami yang mengisahkan cerita hidup beliau, hingga akhirnya hari ini bisa mengenal lebih jauh lewat acara haul malam ini,”tutur Musthofa, salah satu hadirian dari luar Kalimantan. (*)

Penulis: Muhammad Adam RosadyMahasiswa Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir asal Kalimantan Selatan

Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved