Lifestyle

8 Kiat Atasi Kulit Kering Pada Wajah, Cukup Lakukan Hal Mudah Ini

Inilah 8 Kiat Atasi Kulit Kering Pada Wajah, Cukup Lakukan Hal Mudah Ini

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi pemutih wajah pria. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Guna menjaga penampilan, wajah dengan kulit kering tentu mengganggu. Terlebih Indonesia berada di kawasan tropis yang didominasi berminyak, kombinasi, sensitif, dan kering.

Di Indonesia, salah satu masalah kulit wajah kering yang banyak dialami oleh wanita adalah jerawat kecil atau yang biasa disebut bruntus, kulit bersisik, juga kemerahan.

Kulit kering merupakan masalah kulit wajah yang terjadi akibat keringnya permukaan kulit wajah.

Menurut Shari Marchbein, MD, seorang dokter kulit di New York, kulit kering disebabkan karena kurangnya lemak sehat pada kulit.

Manfaat Air Kelapa Selain untuk Kecantikan, Ternyata Bisa Buat Langsing, Begini Caranya

Tips Hilangkan 68 Kilogram Lemak Tubuh Ala Casey Gemmel, Cukup Jauhi 4 Makanan Ini

"Kulit kering disebabkan oleh gangguan kulit dan disfungsi atau kekurangan lemak sehat yang diperlukan di lapisan atas kulit," kata Shari Marchbein, MD, seperti dikutip dari everydayhealth.com.

Selain itu, kulit kering juga bisa terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok, terlalu banyak terpapar sinar matahari terutama di jam-jam munculnya matahari jahat, kurangnya perawatan, dan dehidrasi atau tubuh yang kekurangan cairan.

Jika lalai minum cukup air atau lupa menggunakan pelembab saja kulit bisa secara langsung menjadi kering dan efeknya akan sangat terlihat jelas.

Untuk itu, kita perlu merawat dan menjaga kulit wajah agar tetap lembab dan terhidrasi dengan baik, salah satunya menggunakan pelembab wajah.

Berdasarkan studi tahun 2016 yang tercatat dalam Indian Journal of Dermatology, pelembab memiliki beragam penggunaan dan manfaat untuk kondisi dermatologis yang memiliki efek dasar umum yaitu kekeringan.

Selain pelembab, melansir dari healthline.com, kita juga bisa merawat kulit kering dengan merubah gaya hidup yang lebih sehat, seperti:

  • Minum air putih sesuai anjuran yaitu minimal 8 gelas per hari
  • Olahraga secara rutin
  • Batasi minum kopi dan sumber kafein lainnya
  • Berhenti merokok
  • Istirahat yang cukup
  • Konsumsi makanan nabati lebih banyak, seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan
  • Hindari mengonsumsi alkohol, namun masih diperbolehkan dengan takaran secukupnya 

Memang tidak mudah menjaga kulit agar tetap terhidrasi setiap saat dengan menerapkan gaya hidup sehat. Tapi kalau kita bisa memulainya dari sekarang, efeknya bisa terjadi di kemudian hari, yang mana kulit wajah akan tampak cerah dan glowing.

Seperti hasil surveri ZAP Beauty Index 2019 yang dilansir dari kompas.com, dari 82,5% responden wanita mendefinisikan cantik sebagai kulit cerah dan glowing.

Manfaat Air Kelapa Selain untuk Kecantikan, Ternyata Bisa Buat Langsing, Begini Caranya

Tips Hilangkan 68 Kilogram Lemak Tubuh Ala Casey Gemmel, Cukup Jauhi 4 Makanan Ini

Artikel ini tayang di GRIDHealth.id dengan judul Cegah Kulit Wajah Kering dan Dehidrasi dengan Terapkan 8 Cara Berikut!

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved