Wabah Virus Corona

Pengertian Istilah Orang Tanpa Gejala (OTG) dalam Penangan Virus Corona, Ini Bedanya dengan ODP

Kementerian Kesehatan memperbarui pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 (Virus Corona), dengan menambah kategori orang tanpa gejala (OTG)

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi pasien menjalani karantina untuk pengobatan virus corona. 

Mengenal kategori orang tanpa gejala (OTG) yang baru ditambahkan dalam pedoman pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 (Virus Corona). (Editor : Rahmadhani)

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kementerian Kesehatan memperbarui pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 (Virus Corona) pada 27 Maret 2020 lalu.

Salah satu hal yang baru ialah bertambahnya kategori terkait Covid-19 (Virus Corona), yakni orang tanpa gejala (OTG), di samping orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

Secara umum, ada berbagai macam perubahan pedoman, termasuk perubahan surveilans dan respons, manifestasi klinis, pencegahan dan pengendalian infeksi, pengelolaan spesimen dan konfirmasi laboratorium, serta komunikasi risiko dan pemberdayaan masyarakat.

Pembaruan ini menjadi revisi keempat sejak pertama kali pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 (Virus Corona)  tersebut dirilis.

Update : Jumlah WNI Positif Virus Corona di Luar Negeri Jumat (20/3) Bertambah 13, Ini Rinciannya

Kota Mekkah dan Madinah Ditutup! Korban Virus Corona di Arab Saudi Bertambah, Haji Ditunda?

Kata Ustaz Abdul Somad Tentang Cara Pemakaman Jenazah Pasien Virus Corona : Harus Ikut Kata Dokter

Lalu Apa itu OTG?

Dalam dokumen itu disebutkan, kategori OTG adalah mereka yang tidak bergejala dan memiliki risiko tertular dari orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, namun memiliki kontak erat.

"Kontak erat adalah seseorang yang melakukan kontak fisik atau berada dalam ruangan atau berkunjung, dalam radius 1 meter dengan PDP atau kasus konfirmasi Covid-19, dalam 2 hari sebelum kasus timbul gejala dan hingga 14 hari setelah kasus timbul gejala," tulis Kemenkes dalam dokumen itu.

Siapa saja yang potensial berstatus OTG?

Kemenkes membeberkan kriteria orang yang berpotensi sebagai OTG karena kontak erat.

Halaman
1234
Editor: Rahmadhani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved