Wabah Corona di Kalsel

Yunan Helmi Akhirnya Pulang Pasca Dirawat Karena Positif Virus Corona, Ini Pesannya Soal Covid-19

Begini Pesan Yunan Helmi Saat Meninggalkan RSUD Ulin Banjarmasin setelah dinyatakan sembuh pasca terjangkit Virus Corona atau Covid-19.

Humas Pemprov Kalsel untuk banjarmasinpost.co.id
Asisten Pelatih Barito Putera, Yunan Helmi sesaat sebelum meninggalkan RSUD Ulin Banjarmasin 2, Selasa (14/4/2020) 

Editor: Rendy Nicko
BANJARMASINPOST.CO.ID , BANJARMASIN - Pasien Ulin-1, Yunan Helmi yang sudah dinyatakan sembuh dari infeksi Virus Corona atau Covid-19 meninggalkan RSUD Ulin Banjarmasin, Selasa (14/4/2020).

Menggunakan jaket dan celana hitam serta masker terpasang di wajah, rona bahagia terlihat di wajah Asisten Pelatih Tim Barito Putra, Yunan Helmi ini saat akan meninggalkan RSUD Ulin Banjarmasin tempatnya dirawat saat menjadi pasien positif Virus Corona atau Covid-19 sejak Bulan Maret 2020 lalu.

Yunan Helmi pun sempat menyampaikan pesan terkait Virus Corona atau Covid-19 sebelum beranjak dari RSUD Ulin Banjarmasini dan masuk ke dalam mobil.

Yunan Helmi diperbolehkan pulang setelah dua kali hasil tes swabnya menunjukkan hasil negatif Covid-19 atau Virus Corona dan dinyatakan sembuh oleh tim dokter RSUD Ulin Banjarmasin.

Daftar 50 Negara Terbanyak Virus Corona versi Worldmeters dan Update Kasus Covid-19 14 April

4 Imbauan MUI Saat Puasa dan Ibadah Ketika Pandemi Virus Corona di Ramadhan 2020

Daftar Gejala Baru Virus Corona Terbaru Mulai Muncul, Penderita Alami Ini

Perlakuan Khusus Gugus Tugas Covid-19 ke Klaster Gowa di Kalsel yang Reaktif Positif Virus Corona

"Buat teman teman dingsanak (saudara) semua, ikuti aturan pemerintah melakukan social dan physical distancing. Jangan lupa memakai masker dan rajin cuci tangan dan menjaga kesehatan," kata Yunan.

Kepulangan Yunan juga sempat dilepas oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kalsel yang juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, H M Muslim, Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, dr. Hj Suciati dan Wakil Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, Dr. dr. Mohammad Isa.

Dijelaskan dr M Isa, meski dinyatakan sembuh dari virus corona dan diperbolehkan pulang, Yunan tetap diminta untuk melakukan isolasi mandiri.

"Sebagaimana petunjuk dari pusat, tetap harus melalukan isolasi mandiri, setelah itu baru Inshaallah kembali ke masyarakat seperti biasa," kata dr Isa.

Dijelaskan dr Isa, Yunan memang merupakan pasien terkonfirmasi positif corona pertama yang dirawat oleh tim khusus penanganan kasus corona di RSUD Ulin Banjarmasin.

Yunan Helmi bagikan kondisinya terakhir setelah 14 hari menjalani isolasi.
Yunan Helmi bagikan kondisinya terakhir setelah 14 hari menjalani isolasi. (Capture Video Yunan Helmi)

Selama perawatan setelah dinyatakan positif mengidap corona pada 14 Maret 2020, dilakukan pemeriksaan dan terapi mnggunakan beberapa macam obat-obatan dan vitamin terhadap Yunan Helmi.

"Obat-obatan diberikan sesuai kondisi salah satunya obat antiviral, antibiotik juga vitamin. Dimana perlunya daya tahan tubuh, seperti vitamin C, vitamin D," kata dr Isa.

Dengan diperbolehkannya Yunan Helmi pulang, menurut dr Isa masih ada 23 pasien yang dirawat di ruang isolasi di RSUD Ulin Banjarmasin hingga Selasa (14/4/2020).

Dalam kesehariannya, tim khusus penanganan kasus corona di RSUD Ulin melakukan rapat koordinasi setiao hari untuk mengevaluasi kondisi dan perkembangan setiap pasien baik yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19 maupun pasien dalam pengawasan (PDP).

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved