Ramadhan 2020

Ini Tips Makan dan Minum Saat Buka Puasa ataupun Nikmati Menu Sahur di Ramadhan 1441 H

Berikut Tips Makan dan Minum Saat Buka Puasa ataupun Nikmati Menu Sahur di Ramadhan 2020 atau Ramadhan 1441 H.

Editor: Rendy Nicko
(secondwindwater.com)
Berikut Tips Makan dan Minum Saat Buka Puasa ataupun Nikmati Menu Sahur di Ramadhan 2020 atau Ramadhan 1441 H. FOTO : ilustrasi Minum air putih hangat 

Editor : Rendy Nicko

BANJARMASINPOST.CO.ID – Inilah tips makan dan minum saat buka puasa serta makan menu sahur di Ramadhan 2020 atau Ramadhan 1441 H.

Banjarmasinpost.co.id mengutip GridHEALTH.id akan menyoroti cara makan dan minum yang sehat, khususnya saat buka puasa dan sahur di Ramadhan 2020.

Dalam Islam sendiri, disunnahkan untuk makan dan minum sambil duduk.

Video Kunci Jawaban dan Soal Belajar dari Rumah SD Kelas 4,5 dan 6 via Siaran Langsung TVRI

Cara Aktivasi Paket Internet Murah Indosat dan Telkomsel, Kuota Gratis XL dan Axis Masih Ada

Ternyata hal itu pun dianjurkan dari kaca mata kesehatan.

Penulis Journal of Consumer Research dalam artikel 2019 Mei, menemukan makanan yang dimakan sambil berdiri tidak terasa enak.

Menurut penulis utama studi tersebut, Dr. Dipayan Biswas, profesor di University of South Florida (USF), dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh USF News pada Juni 2019, studi ini menemukan bahwa mereka yang makan sambil berdiri lebih stres daripada mereka yang makan sambil duduk.

Makan sambil berdiri, selama beberapa menit menurut studi Journal of Consumer Research, membuat lidah lebih sulit bekerja dengan baik. Gravitasi dari berdiri memaksa darah ke tubuh bagian bawah kita.

Ini berarti jantung kita harus berdetak lebih cepat untuk membawa darah kembali ke kepala dan leher.

Ilustrasi minum air
Ilustrasi minum air (baiajaku)

Pendapat lain, melansir livestrong.com (7 Agustus 2019), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan makan sambil berdiri dapat menyebabkan kita makan tanpa berpikir atau makan terlalu cepat.

Padahal faktanya, menurut sebuah penelitian di jurnal Scientific Reports bulan April 2018, makan dengan penuh perhatian dapat mencegah makan berlebihan secara kompulsif.

Penerbit Harvard Health mengatakan, makan dengan sadar akan membuat kita memperhatikan warna, rasa dan tekstur makanan; mengunyahnya perlahan; menyingkirkan gangguan dan tidak merasa bersalah karena makan.

Karenanya sebuah penelitian dalam Current Obesity Reports edisi Maret 2018  menyatakan penting untuk makan penuh perhatian, sebagai bagian dari program penurunan berat badan.

Harvard Health Publishing memperingatkan, ketika makan sambil berdiri membuat kita tidak sadar bahwa sudah kenyang. Pun, tidak mencerna makanan dengan baik.

Bupati HSS, Dandim 1003 Kandangan, serta Perwakilan Polres HSS, serta Camat Kandangan saat menghadiri Buka Puasa Bersama Paskibra SMAN 1 Kandangan
Bupati HSS, Dandim 1003 Kandangan, serta Perwakilan Polres HSS, serta Camat Kandangan saat menghadiri Buka Puasa Bersama Paskibra SMAN 1 Kandangan (kominfo hss)
Halaman
12
Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved