Kalselpedia

Kalselpedia: Mengenal Para Tokoh di Kompleks Makam Sultan Suriansyah

Di Makam Sultan Suriansyah di Kota Banjarmasin terdapat makam anggota Kerajaan Banjar lainnya sehingga banyak tersimpan cerita sejarah di sana.

BANJARMASINPOST.CO.ID/KRISTIN JULI SAPUTRI
Makam Sultan Suriansyah di Jalan Pangeran, Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (7/6/2020). 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Makam Sultan Suriansyah yang berada di Jalan Pangeran, Kelurahan Kuin Utara,  Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyimpan banyak cerita sejarah.

Makam Sultan Suriansyah ini adalah kuburan Raja Banjar Pertama yang memeluk Islam di Bumi Lambung Mangkurat.

Sultan Suriansyah sendiri merupakan pendiri sekaligus Raja Pertama dari Kerajaan Banjar yang memerintah dari tahun 1526 Masehi sampai dengan 1550 Masehi.

Ketika kecil Sultan Suriansyah memiliki nama panggilan Raden Samudera. Setelah diangkat menjadi Raja nama beliau menjadi Pangeran Samudera. Barulah setelah memeluk agama Islam nama beliau menjadi Sultan Suriansyah.

VIDEO Ziarah ke Makam Sultan Adam, Raja Banjar Terakhir di Kalsel

Peziarah Makam Sultan Sultan Suriansyah Sering Penasaran Asal Usul Batu Bata

Beliau juga memiliki gelar lain yaitu Panembahan atau Susuhan Batu Habang. Gelar Panembahan atau Susuhan Batu Habang itu berasal dari warna merah atau habang (dalam bahasa banjar), yang terdapat pada batu bata yang menutupi makamnya di Komplek Makam Sultan Suriansyah.

Di dalam komplek makam ini juga terdapat 15 makam lain, yaitu Ratu Intan Sari, Sultan Rahmatullah, Sultan Hidayatullah, Khatib Dayan, Patih Kuin, Patih Masih, Senopati Antakusuma, Syekh Abdul Malik, Haji Sa'anah, Pangeran Ahmad, Pangeran Muhammad, Sayyid Ahmad Iderus, Gusti Muhammad Arsyad, Kiai Datu Bukasim, Anak Tionghoa Muslim.

Ratu Intan sari adalah ibu kandung Sultan Suriansyah. Ratu intan Sari meninggal pada awal abad ke-16.

Sultan Suriansyah memiliki seorang putra bernama Sultan Rahmatullah, dia Raja Banjar kedua bergelar Susuhunan Batu Putih dengan periode masa pemerintahan dari tahun 1550-1570.

Begaya Kunjungi Makam Sultan Suriansyah, Ternyata Kenalkan Sejarah Kesultanan Banjar

Lokasi Baru Pasar Terapung Kini Ada di Depan Dermaga Makam Sultan Suriansyah

Sultan Rahmatullah mempunyai anak bernama Sultan Hidayatullah yang menjadi Raja Banjar ketiga. Sultan Hidayatullah, cucu dari Sultan Suriansyah itu memiliki gelar Susuhunan Batu Irang. Ia memimpin pemerintahan dari tahun 1570 sampai dengan 1595.

Halaman
123
Penulis: Kristin Juli Saputri
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved