Pilkada Kalsel 2020

Mila Karmila Tetap Optimis Maju Pilkada Tanahbumbu

Mila Karmila bakal calon bupati Tanahbumbu tetap optimis maju pada pilkada Tanahbumbu

banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Mila Karmila bakal calon bupati pada Pilkada Tanahbumbu 2020 saat menyampaikan berkas lamaran ke DPC Partai Gerindra Tanahbumbu. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Ditengah pandemi Covid-19 ini, KPU RI telah memutuskan agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah tetap dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

Keputusan tersebut, membuat sejumlah bakal calon di beberapa daerah di Provinsi Kalimantan Selatan untuk mengurungkan niatnya maju pilkada di 2020 ini.

Di antaranya, di Kota Banjarbaru dan Banjarmasin, ada bakal calon yang lebih memilih mundur dimasa pandemi seperti sekarang ini.

Lantas bagaimana di Kabupaten Tanahbumbu, apakah ada bakal calon yang mundur ?.

Di Kabupten Tanahbumbu sebelumnya ramai pencalonan seperti M Syafruddin alis Cuncung dengan perahu partai, dan dua pasangan calon perseorangan yakni Mila Karmila dengan pasangannya Zainal Arifin dan bakal calon Mahyudin dengan pasangannya Endro.

Pilkada Tanahbumbu 2020: Serahkan Berkas Pencalonan ke KPU Tanbu, Mila-Zainal Optimistis Lolos

Maju Pilkada Tanahbumbu, Mantan Kepala Desa ini Sudah Kumpulkan 15 Ribu KTP

Melamar ke Garindra, Mila Karmila Berharap Dipinang Parpol, Optimistis Maju Pilbup Tananbumbu 2020

Sementara petahana, H Sudian Noor hingga saat ini masih belum jelas maju atau tidaknya di Kabupten Tanahbumbu.

Sementara sebelumnya telah ada dua pasangan perseorangan yang mengumpulkan syarat pencalonan, di antaranya adalah Mila Karmila dan lawannya, Mahyudin.

Mila Karmila adalah calon bakal bupati yang sudah menyerahkan berkas ke KPU Kabupaten Tanahbumbu sebelum pandemi ini dan masuk tahap verifikasi.

Mila juga mengaku optimis untuk tetap maju di pilkada 2020 ini.

" Saya tetap optimis untuk maju pilkada tahun ini," kata Mila kepada banjarmasinpost.co.id saat dihubungi via WhatsApp, Kamis (18/6/2020).

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Tanahbumbu, Makhruri, saat dihubungi mengatakan saat ini proses berjalan sesuai dengan keputusan KPU RI untuk tetap melaksanakan Pilkada tahun ini.

Dia menyebutkan, saat ini sedang persiapan untuk verifikasi faktual calon perseorang yang akan dilaksanakan pada 24 Juni hingga 12 Juli 2020.

"Untuk calon perseorangan ada 2 pasang yang diverifikasi yakni Mila Karmila - Zainal Arifin dan Mahyudun - Endro Susetyo yang akan diverifikasi. Keduanya juga tak ada yang mengatakan mundur," katanya.

Aditya Mundur dari Pilwali, KPU Banjarbaru Tegaskan Tetap Jalankan Pilkada

Sementara itu, untuk jumlah TPS yang akan digunakan ada sebanyak 651 TPS, berkurang dari pemilu 2019. Namun dari segi jumlah yang dirancang sebelum pandemi Covid-19, hanya 597 dengan jumlah pemilih sebanyak 800 orang per TPS.

"Tapi sekarang berubah jdi 651 TPS dengan jumlah pemilih per TPS hanya maksimal 500 orang pemilih. Tujuannta agar tidak terlalu menumpuk di satu TPS," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved