Berita Kalteng

Jembatan Tumbang Samba Kalteng Dukung Akses Program Food Estate

Jembatan Tumbang Samba dipastikan akan memudahkan akses rencana pengembangan cetak sawah baru di Kalteng khusunya dalam pengembangan food estate

istimewa/humas pemprov kalteng
Pembangunan Jembatan Tumbang Samba, menghubungkan Desa Telok dan Desa Samba Danum, di Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, telah selesai dikerjakan. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, KATINGAN - Selesainya Jembatan Tumbang Samba Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, juga untuk memudahkan akses rencana pengembangan cetak sawah baru di Kalteng khusunya dalam pengembangan food estate yang saat ini terus diprogramkan untuk ketahanan pangan nasional.

Jembatan Tumbang Samba diharapkan untuk mendukung konektivitas program lumbung pangan baru di Kalimantan Tengah.

Pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Jembatan Tumbang Samba yang menghubungkan Desa Telok dan Desa Samba Danum, di Kecamatan Katingan Tengah.

Kehadiran Jembatan Tumbang Samba dan tersambungnya Jalan Lintas Tengah Kalimantan diharapkan kegiatan ekonomi di daerah sekitar dapat terus tumbuh sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat, karena akses infrastruktur jalan sudah terhubung dan memudahkan lalulintas kendaraan darat.

Selesai Dibangun, Begini Penampakan Elok Jembatan Tumbang Samba Kalteng, Warga Langsung Selfie

Rencana Diresmikan Presiden Jokowi, JembatanTumbang Samba Hubungkan Kalteng - Kaltim-Kalbar

Banjir Tumbang Samba Katingan Mulai Surut

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XI Banjarmasin Ditjen Bina Marga Budi Harimawan Semihardjo mengatakan, pembangunan Jembatan Tumbang Samba bertujuan untuk membuka kawasan terisolir di Utara Katingan dan melengkapi struktur jaringan jalan nasional dari Kalimantan Tengah menuju Kalimantan Barat dan sebaliknya. 

Jembatan Tumbang Samba juga akan mendukung peningkatan konektivitas menuju lokasi rencana pengembangan food estate atau daerah yang ditetapkan sebagai lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa.

Lokasi lumbung pangan baru yang juga merupakan bagian dari Program Strategis Nasional (PSN) 2020 - 2024 tersebut berada di Kabupaten Pulangpisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Proyek Food Estate Kalteng Memerlukan 85.194 KK Pekerja

Dinas terkait di Provinsi Kalimantan Tengah, hingga, Selasa (23/6/2020)  terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat melalui Balai Jalan Nasional serta Kementrian PUPR terkait rencana peresmian Jembatan Tumbang Samba yang telah rampung tersebut.

"Kami terus berkoordinasi dengan pihak Balai Jalan Nasional serta Kementrian PUPR, untuk rencana peresmian Jembatan tersebut," ujar Salahuddin Kadis PUPR Kalteng. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved