PPDB Online 2020

PPDB Jalur Prestasi Nonakademik Banyak Lowong, Begini Kondisinya di SMPN 24 Banjarmasin

Minat peserta PPDB tingkat SMP di Kota Banjarmasin, jalur prestasi nonakademik sepertinya kurang diminati, tak terkecuali juga di SMPN 24 Banjarmasin

banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Suasana PPDB Online jalur zonasi di SMPN 24 Banjarmasin. 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Minat peserta dalam Penerimaan Peserta Didik Baru, PPDB online tingkat SMP di Kota Banjarmasin, melalui jalur prestasi khususnya nonakademik sepertinya masih kurang diminati.

Pasalnya kuota yang tersedia di PPDB jalur prestasi ini, ternyata tidak semuanya terisi alias masih ada yang kosong khususnya lagi prestasi nonakademik.

Seperti diketahui berdasarkan ketentuan yang ada, masing-masing sekolah bisa menerima peserta didik baru melalui jalur afirmasi sekitar 15 persen, prestasi (akademik dan nonakademik) maksimal sekitar 30 persen dan juga zonasi sekitar 50 persen.

Tidak terpenuhinya kuota jalur prestasi khususnya nonakademik ini pun juga terjadi di SMPN 24 Banjarmasin yang sudah menggelar PPDB melalui jalur afirmasi dan prestasi pada 22-24 Juni lalu.

Suwanti, Srikandi DPRD Bikin Dua Desa di Pulaulaut Timur Terang Benderang DPRD Kotabaru

Satnarkoba Polres Tanahbumbu Amankan Residivis Narkoba, Temukan Barbuk 7 Paket Sabu Siap Edar

Satu Personel Polres Balangan Diberhentikan Tidak Dengan Hormat, Dilaporkan Mangkir Dari Tugas

"Kalau untuk jalur prestasi akademik laku keras dan ada 261 yang diterima, tapi untuk nonakademik baru terisi delapan atau masih ada sisa sekitar 22 an," ujar Hj Susilo Rahayu selaku Kepala SMPN 24 Banjarmasin, Selasa (30/6/2020).

Ditambahkannya kuota jalur prestasi nonakademik yang tersisa pun akan dialokasikan ke jalur zonasi yang pendaftarannya sudah dibuka sejak Senin (29/6/2020).

"Yang tidak terisi di jalur prestasi nonakademik ini kami pindahkan ke jalur zonasi jadinya," bebernya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin yakni Totok Agus Daryanto pun membenarkan bahwa kuota terkait jalur prestasi nonakademik masih cukup banyak yang kosong.

"Kemarin memang kita sudah mengadakan PPDB Online termin pertama melalui jalur afirmasi dan prestasi. Untuk jalur afirmasi sudah sekitar 90 persen terisi, tapi untuk jalur prestasi khususnya nonakademik memang masih banyak yang kosong. Dan kuota yang kosong ini akan dipindahkan ke jalur zonasi," ujarnya.

Totok menambahkan banyaknya kuota yang belum terisi melalui jalur prestasi nonakademik ini akan menjadi bahan evaluasi.

"Harusnya ini bisa dimanfaatkan oleh orangtua calon peserta didik. Dan ini akan jadi bahan evaluasi tentunya, mungkin karena sulit untuk mereka menganalisa dengan prestasi dari sekolah lain dan sebagainya," jelasnya saat ditemui melakukan pemantauan PPDB Online di SMPN 24 Banjarmasin.

Totok menerangkan kuota untuk PPDB se Kota Banjarmasin berjumlah 7488 siswa, yang mana sekitar 30 persennya atau kuotanya sebesar 2247 siswa.

"Dan untuk jalur prestasi ini yang mendaftar sebanyak 532, namun yang diterima hanya 494. Jadi yang tersisa kuota jalur prestasi ini 1753 dan dilimpahkan ke jalur zonasi," tutupnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved