Berita Balangan

Vicon dengan Bupati Balangan, Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan Pertanyakan Kenaikan Insentif

Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan (SP3) Kabupaten Balangan menanyakan kenaikan insentif kepada Bupati Balangan, Ansharuddin, Selasa (30/6/2020).

banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
VICON-Bupati Balangan, Ansharudin gelar Vicon dengan SP3 di Kecamatan Lampihong, Balangan. 

Editor: Edi Nugroho

 BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan (SP3) Kabupaten Balangan menanyakan kenaikan insentif kepada Bupati Balangan, Ansharuddin, Selasa (30/6/2020). Permintaan tersebut disampaikan oleh beberapa perwakilan SP3 dari Kecamatan Lampihong saat video conference dengan Bupati Balangan di ruang rapat Kantor Bupati Balangan.

Menyikapi hal tesebut, lantas Ansharuddin berencana akan lebih mendalami usulan yang disampaikan. Ia akan mencari informasi perihal insentif yang diterima SP3 saat ini. Dimana perkiraan angka mencapai Rp 1,5 juta.

Dinas Pendidikan Kalsel Tegaskan PPBD Diperpanjang Bukan Diulang

"Beberapa insentif untuk menunjang kinerja guru honorer, tenaga pengajar TPA, kaum masjid sudah saya naikan. Tentu ini juga akan saya upayakan apabila memang belum ada kenaikan insentif mereka," ujar Ansharuddin.

Ansharuddin juga berencana menganggarkan kenaikan insentif tersebut pada Anggaran Perubahan tahun 2020. Terutama apabila insentif yang diterima oleh semua SP3 di Balangan memang masih pada angka sebelumnya.

PPDB Daring, Jumlah Pendaftar SMKN di Kabupaten Banjar Menurun

Rencananya, kenaikan mencapai Rp 1.750.000 mengikuti upah minimum. Lantas, imbalannya, ia berharap SP3 di Kabupaten Balangan berkecimpung secara langsung untuk pembangunan desa. Tidak hanya sekadar melihat atau mengawasi.

"Di desa itu ada banyak kegiatan swakelola. Saya berharap SP3 ini berperan secara langsung ke lapangan untuk membantu proyek pembangunan atau pelaksanaan kegiatannya," ungkap Ansharuddin.

Ansharuddin juga mengingatkan agar SP3 terus mendampingi aparatur desa, khususnya kepala desa dalam pelaksanaan yang mereka tidak pahami. Selain itu juga mengajarkan tekhnologi kepada pihak desa.

Selain insentif, beberapa SP3 di Kecamatan Lampihong juga melaporkan program yang mereka jalankan. Termasuk kegiatan pendampingan untuk dana desa.

Fatimah misalnya, SP3 dari Kecamatan Lampihong ini menjelaskan kalau dirinya tetap dan terus melakukan pendampingan kepada aparat perihal penyusunan dan pelaporan anggaran desa. Sehingga jajaran aparat desa pun terbantu akan hal tersebut.

PPDB Online Gangguan Akses Web, Begini Kata Ketua Posko PPDB SMAN 1 Rantau

 

Ia juga bersyukur pelaporan dan penggunaan dana desa hingga saat ini tidak ada masalah. Begitupun terhadap realisasi penggunaannya. Hal itu ujar Fatimah berkat dukungan dari Pemkab Balangan.

Sebagaimana diketahui pula, Pemkab Balangan disampaikan oleh Ansharuddin mendapatkan nilai terbaik dalam hal pelaporan APBD Des. Karena bisa selesai pada awal tahun. Hal itu juga berkat bantuan dari SP3 di Balangan. (banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved