Breaking News:

Berita

Pemuda Batola Ini Kenalkan Dayak Bakumpai di Ajang Pemilihan Putra Putri Kebudayaan Nusantara

Muhammad Rizky AW, pemuda asal Marabahan Batola, saat ini ikut kompetisi Pemilihan Putra Putri Kebudayaan Nusantara

istimewa
Muhammad Rizki Wakili Kalsel diajang Pemilihan Putra Putri Kebudayaan Nusantara 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -  Saat ini, pemuda asal Marabahan, Baritokuala, Muhammad Rizky AW ikut kompetisi Pemilihan Putra Putri Kebudayaan Nusantara yang digelar di Medan pada 13 Januari 2021.

"Saya lagi transit di Jakarta, menuju ke Medan. Karena mulai besok, Selasa, saya bersama 30 peserta lainnya seluruh Indonesia sudah mengikuti karantina," kaTa Rizky yang saat dihubungi lagi berada di Bandara Soekarno Hatta, Senin (11/1/2021) sore.

Dijelaskannya, dalam pemilihan tersebut akan membawakan Tarian Mahelat Lebo. Salah satu atraksi dalam tari ini menyemburkan api itu pakai damar. Damarnya dilemparkan keapinya, sehingga apinya jadi membesar.

 "Saya ikut pemilihan itu, saya merasa bangga menjadi orang Indonesia yang multi budaya. Salah satunya Budaya Dayak Bakumpai di Kabupaten Baritokuala," paparnya.

Baca juga: BREAKING NEWS: BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Sinovac

Baca juga: Bansos Sembako Rp 200 Ribu Cek Data Penerima di dtks.kemensos.go.id, KPM Dapat Setahun Penuh

Baca juga: Maksimal Usia 18 Tahun Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12, Jangan Lupa Login www.prakerja.go.id

Ditambahkan lelaki kelahiran 4 Januari 1997 ini, ia ingin terjun langsung mengenalkan Budaya Dayak Bakumpai ke tingkat nasional sebagai salah satu hasanah budaya bangsa yang dimiliki oleh Kalimantan Selatan. Ini juga yang memotivasinya ngin menjadi putera kebudayaan nusantara.

Diakui karyawan BUMN ini, persiapannya sangat singkat, kurang lebih du minggu, tapi dirinya optimis bisa membawa nama baik Banua.

"Target saya pastinya ingin juara, karena  hendak mempersembahkan kemenangan ini untuk seluruh warga banua terutama untuk Pemkab Batola hal ini Bupati, Wabup dan Kadisporbudpar yang mendukung saya sampai bisa berangkat ke Medan," ungkap Wakil II Atak Barito Kuala 2018 ini.

Rizki juga mengucapkan terima kasih untuk Pemkab Batola dlm hal ini Bupati, Wabup dan Kadisporbudpar, Sanggar Permata Ije jela, Tajuddinor selaku mentor selama persiapan, Afriadi selaku pelatih tari Mahelat Lebo,  Bayu dan  ieza yang membantu dalam pembuatan video bakat tersebut dan seluruh masyarakat banyak yang mendukungnya.

Informasi yang diperoleh, panitia Pelaksana Pemilihan Putra-putri Kebudayaan Nusantara telah menetapkan 30 finalis dari 18 provinsi di Indonesia pada ajang lomba berbasis media sosial (medsos).

Ada pun yang lolos terdiri Aceh (putra-putri), Sumatera Utara (dua pasangan putra-putri), Riau (putra-putri), Kepulauan Riau (putra-putri), Sumatera Barat (putra-putri), Jambi (putra), Bengkulu (putra), DKI Jakarta (putri), Jawa Tengah (putra-putri), Jawa Timur (putra-putri), Sulawesi Utara (putra-putri), Sulawesi Tengah (putra-putri), Sulawesi Barat (putri), Sulawesi Tenggara (putra-putri), Gorontalo (putra-putri), Kalimantan Selatan (putra), dan Papua (putra-putri).

(banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved