Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Hadapi Lanjutan Sidang PHPU Pilgub Kalsel di MK Besok, KPU Kalsel : Kami Akan Jawab Semua

MK RI menjadwalkan sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel

Capture Youtube MK RI
Sidang Pemeriksaan Pendahuluan PHPU Perkara 124 Pilgub Kalsel Tahun 2020 digelar oleh Mahkamah Konstitusi disiarkan secara langsung 26/1/2021. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mahkamah Konstitusi (MK) RI menjadwalkan sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2020 Senin (1/2/2021).

Pada sidang kedua besok, agenda utamanya yaitu penyampaian jawaban dari pihak termohon dan keterangan dari pihak terkait.

Pihak termohon dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalsel sudah mematangkan persiapannya.

Komisioner Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Kalsel, Dr Nur Zazin mengatakan, segala persiapan dan jawaban untuk disampaikan dalam siang MK sudah rampung.

Tak Hadir Langsung Sidang PHPU Pilgub Kalsel 2020 di MK, Begini Alasan Denny Indrayana

Hadapi Sidang PHPU Pilgub Kalsel 2020 di MK, KPU Kalsel Gandeng AnP Law Firm 

Meski tidak membeberkan secara rinci berapa banyak dokumen atau data yang sudah disiapkan, namun Zazin memastikan hal tersebut akan memperkuat jawaban dari KPU Kalsel di hadapan persidangan. 

"Kami tidak bisa membuka semuanya secara rinci, tapi yang pasti akan kami jawab semua," tegas Zazin dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Minggu (31/1/2021).

Namun sebelumnya, sesudah sidang pemeriksaan pendahuluan yang digelar MK pada Kamis (26/1/2021), KPU Provinsi Kalsel diketahui sudah rampung mengirimkan belasan boks berisi alat bukti ke MK. 

Dalam boks-boks tersebut di antaranya berisi kronologi rapat pleno dari jenjang TPS hingga hasil pleno di KPU Kalsel hingga  data jumlah DPT, pengguna hak pilih, surat suara rusak, perolehan suara, suara tidak sah hingga dokumen saksi pasangan calon pada Pilgub Kalsel Tahun 2020.

Sedangkan penyampaian jawaban dari KPU Kalsel kata Zazin akan dilakukan oleh kuasa hukum dari Kantor Hukum Ali Nurdin & Partners (AnP Law Firm).

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved