Breaking News:

Serba Serbi Rutan Kualakapuas

Program Ketahanan Pangan Resolusi Pemasyarakatan, Rutan Kualakapuas Tanam Padi IR 64

Panen raya padi IR 64 Program Ketahanan Pangan Resolusi Pemasyarakatan dilakukan jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kualakapuas

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/fadly setia rahman
Panen raya padi IR 64 Program Ketahanan Pangan Resolusi Pemasyarakatan dilakukan jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kualakapuas, Sabtu (30/1/2021) lalu. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Panen raya padi IR 64 Program Ketahanan Pangan Resolusi Pemasyarakatan dilakukan jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kualakapuas, Sabtu (30/1/2021) lalu.

Panen dilaksanakan di lahan Open Camp Rutan Kualakapuas yang terletak di Desa Bunga Mawar Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas.

Saat kegiatan turut dihadiri, jajaran Pemkab Kapuas dan Kantor Wilayah Kementerian hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalteng.

Kepala Rutan Kelas IIB Kualakapuas, Toni Aji Priyanto menyampaikan bahwa kegiatan bertani tersebut merupakan bagian dari kegiatan pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Baca juga: Rutan Kuala Kapuas Ajak Warga Binaan Budidaya Ikan Patin

Baca juga: Warga Binaan di Rutan Barabai Ini Diajari Cara Memandikan Jenazah Hingga Mengkafani

"Lahan yang telah kami bersihkan seluas 25 hektare dan diantaranya seluas 5 hektare telah ditanami padi dan hari ini Alhamdulillah sudah bisa panen," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng, Ilham Djaya memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran yang sudah ikut serta dalam inovasi pembinaan di bidang pertanian tersebut.

"Pada prinsipnya saya sangat mendukung kegiatan yang positif ini, program ini merupakan program yang unik karena program ketahanan pangan yang melakukan adalah Rutan dan dikerjakan oleh Narapidana," katanya.

Dilanjutkannya, kalau program ketahanan pangan dilakukan oleh petani umumnya kan wajar dan itu hal yang biasa.

Baca juga: Geledah Dua Blok Ini, Petugas Rutan Kelas II B Barabai Temukan 1 Pisau dan Sendok

"Maka itu ini merupakan sebuah inovasi bagus yang dimilik Rutan Kuala Kapuas," ungkapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas, Septedy, menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah pun sangat mendukung kegiatan Ketahanan Pangan yang dilakukan oleh Rutan Kapuas ini.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved