Breaking News:

Sport

Makin Banyak Digemari di Kalsel, Dispora Ingin Olahraga Sumpit Makin Dikenal

Olahraga sumpit makin digemari di Kalsel. Dispora Kalsel, berharap olahraga tradisional ini berkembang

istimewa
Beberapa penggemar olahraga sumpit di Banjarmasin tengah latihan, Sabtu (20/2/2021). 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Mulai banyaknya masyarakat yang menyenangi dan ikut olahraga sumpit diapresiasi oleh pihak Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan. Bahkan Dispora berharap olahraga tradisional ini terus berkembang.

Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel  HM Nasir melalui Plt Kasi Pengembangan Olahraga Rekreasi, Tradisional, dan Layanan Khusus Dispora Budiono mengungkapkan, bahwa  sumpit merupakan salah satu olahraga tradisional di kalimantan selatan yang terhimpun dalam Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (PORTINA) Kalsel.

Portina Kalsel, merupakan salah satu komunitas olahraga di bawah  Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi  Kalsel.

"Kalau dipetakan untuk.olahraga sumpit ini di Kalimantan Selatan banyak dilakukan di wilayah Hulu Sungai, diantaranya Balangan, HST , HSS dan Tapin," paparnya.

Baca juga: Formi Banjarmasin Resmikan Kampung Bermain Cemara Banjarmasin Utara, Terapkan Protokol Kesehatan

Baca juga: Belajar ke Banjarmasin, Formi Balangan Ingin Raih Banyak Medali Emas

Baca juga: Festival Balogo Dan Bagasing Meriahkan Hut Korpri, Kadispora Sebut ini 

Baca juga: Lomba Balogo dan Bagasing se Kalsel di HSS Ramaikan Karasmin Banua Mulai Hari Ini

Dispora dalam pembinaannya melakukan sinergi dengan induk-induk  organisasi yang mengayomi olahraga tradisional tersebut, berupa bantuan peralatan dan dana hibah kegiatan walaupun selama ini belum maksimal dikarenakan anggaran yang ada harus dibagi dengan induk-induk  organisasi lain di Kalimantan Selatan.

Budi menambahkan, akan tetapi kelompok- masyarakat pengerak dan pencinta olahraga tradisional di Kalsel cukup semangat dan antusias untuk terus bersama-sama  memajukan olahraga ini, dengan kontribusinya melaksanakan event kejuaraan di daerah-daerah kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

'Harapannya kedepan tetap jalin sinergi dari seluruh stakeholders olahraga tradisional di kalsel, sehingga olahraga sumpit semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat," tuturnya.(Banjarmasinpost.co.id/irfani rahman)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved