Breaking News:

Berita Banjarmasin

Ditlantas Polda Kalsel Genjot Sosialisasi E-TLE di Banjarmasin, Pengendara Diingatkan Soal Ini 

Ditlantas Polda Kalsel menggenjot sosialisasi penerapan E-TLE kepada para pengendara roda dua dan roda empat di Banjarmasin

Ditlantas Polda Kalsel untuk BPost
Petugas Ditlantas Polda Kalsel sosialisasikan E TLE dan markah RHK kepada pengendara di Banjarmasin, Kamis (4/3/2021). 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) merupakan salah satu penjabaran dari sederet program prioritas Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. 

Mendukung kebijakan ini, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalsel langsung menggenjot sosialisasi penerapan E-TLE kepada para pengendara roda dua dan roda empat khususnya di Kota Banjarmasin, Kalsel. 

Seperti yang dilakukan oleh petugas Ditlantas Polda Kalsel bersama petugas Satlantas Polresta Banjarmasin di tiga titik di Kota Banjarmasin, Kamis (4/3/2021).

Dipusatkan di area henti simpang Jalan A Yani, Jalan Pangeran Samudera dan Jalan Lambung Mangkurat Kota Banjarmasin, petugas mendatangi satu persatu pengendara baik roda dua maupun roda empat yang sedang menunggu lampu lalu lintas menyala hijau. 

Baca juga: Masuk Jalan Umum, Truk Angkutan Sawit di Tapin di Tilang Polisi

Baca juga: Dukung Program Hilangkan Tilang Jalanan, Dit Lantas Polda Kalsel Persiapkan Uji Coba e-TLE

Sambil membagikan selebaran informatif, petugas menjelaskan secara rinci apa yang dimaksud dengan E-TLE dan mekanisme tilang non konvensional yang dalam waktu dekat akan diiplementasikan.

Tak cuma itu, petugas juga mengingatkan para pengendara akan rambu dan markah jalan yang seluruhnya harus dipatuhi oleh pengendara jika tak ingin ditilang. 

Salah satunya terkait markah ruang henti khusus (RHK) yang relatif baru diaplikasikan di simpang berlampu lalu lintas di Banjarmasin. 

Terlihat, mayoritas pengendara menyimak sosialisasi tersebut dan mengambil brosur yang diberikan petugas.

Selain sosialisasi secara langsung, petugas juga sudah memasang spanduk-spanduk bertuliskan pemberitahuan bahwa pengendara memasuki kawasan pemberlakuan sistem tilang elektronik di titik-titik simpang jalan tersebut. 

"Anda memasuki kawasan pemberlakukan tilang elektronik diawasi CCTV E-TLE dan patuhiperaturan berlalu lintas," bunyi pemberitahuannya. 

Baca juga: Polres Kobar Bersama Instansi Terkiat Persiapkan Program Tilang Elektronik, Ini Tanggapan Warga

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalsel, Kombes Pol Maesa Soegriwo mengatakan, dengan penerapan E-TLE maka aktivitas penegakan hukum lalu lintas secara konvensional akan berkurang. 

"Jadi nanti pelanggaran yang biasanya akan langsung ditindak oleh petugas bisa terekam melalui E-TLE. Sesudah itu bukti pelanggaran akan tercetak dan dikirim ke rumah," kata Kombes Pol Maesa. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved